Rabu, 19 November 2014

ETIKA MENURUT KGPAA MANGKUNEGARA IV-bab II




 
BAB II
SERAT SALOKATAMA DAN KGPAA MANGKUNEGARA IV

A.    Deskripsi Serat Salokatama
Serat Salokatama termuat dalam kumpulan piwulang budhiluhur, karena berupa piwulang atau nasihat yang disajikan dalam bentuk seloka (amsal, perumpamaan). Karya KGPAA Mangkunegara IV ini dibuat dalam bentuk sekar mijil dan penulisan dari serat ini hari senin, tanggal 7 sapar tahun dal 1799 (Masehi 1870). Serat ini ditulis ditujukan kepada semua orang yang mengalami kelainan tingkah laku dan diarahkan supaya menjadi orang yang berbudi luhur dan bias menyesuaikan diri pada lingkungan.[1]
17
 
Sesuai dalam pengelompokannya, bahwa serat Salokatama termasuk di dalam kumpulan piwulang warni-warni. Maka sudah dapat ditebak bahwasanya  serat Salokatama merupkan serat yang membahas pelajaran dan pendidikan. Pada kesempatan itu  KGPAA Mangkunegara IV selaku penulis serat Salokatama tidak menulis wulangan dan nasehatnya untuk orang-orang pada umumnya. Namun lebih menulis petunjuk khusus untuk orang-orang yang mempunyai masalah khusus, yakni orang-orang yang mempunyai kelainan tingkah laku.Orang-orang yang berkelainan tingkah laku merupakan gejala yang bermasalah yang selalu ada ditengah-tengah pergaulan antara manusia. Gejala tersebut dapat menimbulkan masalah bagi diri sendiri dan tidak jarang dapat merugikan orang lain juga. Sehingga bagi orang-orang yang peduli pada aslah pergaulan soaial memandang masalah tersebut memerlukan penangan khusus.[2]
Untuk menangani masalah khusus, yakni kelainan tingkah laku, Mangkunegara sangat bijaksana dan hati-hati sekali.Mengingat bahwa orang-orang yang berkelainan tingkah laku umumnya sangat perka dan mudah tersinggung, maka petunjuk bagi mereka tidak ditundingkan secara tegas dan tandas. Tetapi direda dan ditambatkan dalam sepupuh tembang Mijil 30 bait dan dibeberkan dalam bentuk seloka (saloka) yang artinya perumpamaan. Sesuai dengan sifat temabng Mijil yang melahirkan perasaan gembira, sengsem, rindu dan prihatin, maka jelaslah salokatama menunjukkan sikap tertentu  penulisnya (KGPAA Mangkunegara IV) terhadap masalah kelaianan tingkah laku. Sebagai pimpinan praja KGPAA Mangkunegara IV sangat prihatin mengahadapi gejala yang bermasalah yakni perilaku yang tidak sewajarnya yang dialami oleh warga kawulanya (rakyat).
Sasaran salokatama adalah orang-orang yang berkelainan, khususnya orang yang bertingkah laku salah, tidak dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan. Tujuan dari serat ini adalah membuat mereka dapat hidup dalam keserasian, dan  mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dengan sebaik-baiknya.[3]
Adapun isi dari serat Salokatama, sebagai berikut:
1.      Wijiling kang pangripta murwani, myat ing reh salah ton, kang milalu milara ragane, laling wiring kasereng ing kapti, nir yitnanta dadi, nista temahipun
2.      Labet saking mudha dameng budi, digung lumuh kasor, nggege mangsa medhar kasurane, pamrihira mung ngulab-ulabi, mring sanggya kang ngaksi, den alema punjul.

3.      Tan wruh lamun akeh kang ngesemi, pinrayitnan batos, kang wus asih suda ing resepe, kang during wruh wus ngrungu pawarti, ingkang sengit dadi, sokurireng kalbu.

4.      Temah kengis wateke kang wadi, alane katongton, sapolahe kiniumuhan bae, ora ono kang bares sawiji, wong jail lan juti, iku saminipun.

5.      Nadyan mari gung sinangga-runggi, tan ana pita dos, wus mangkana manungsa adate, paran-baya deninira mbaleni, sapisan dumadi, nir piandelipun.

6.      Yen pasthiya tumitah ping kalih, sakathaing uwong, ora ana kaduwung solahe, lan tan ana ing kang wedi mati, gampang dennya budi, tan ana pamupus.

7.      Balik ora tinitahke malih, paran wekasing ndon, mung karantan kaduwung batine, gegtune sangsaya ngranuhi, yen ngatura pati, nimbuhi dosa gung.

8.      Wit jisime wong kang nglampus dhiri, tan kena den-uwor, lan makame para leluhure, myang sawiyah makamaning janmi, sinarang sinirik, kang apik tan ayun.

9.      Krana wong kang amateni janmi, wus dosa lwih asor, mangka ana wong kolung ragane, tetep lamun druhaka ngungkuli, patinira aji, kewan kethek lutung.

10.  Pangruwate dosa sawatawis, rehne wus kelakon, tan lyan among minta aksamane, mring kang samya sinrikken ing galih, prapta-a pribadi, marang wismanipun.

11.  Yen kaprenah tuwa kalah inggil, ngabektiya gupoh, linairna ing kaluputane, lamun prenah nom nging pangkat inggil, mengku mawa taklim, karma nuting tembung.

12.  Yen kaprenah anom menang inggil, den-rahap pangrengkoh, kabeh prihen lilihing rengune, lamun ana rikuhe ing ati, kamota ing tulis, lawan tembung arum.

13.  Lan nuwuna apura Hyang Widhi, tobata ing batos, rumangsa-a driyanya salahe, mumulenen luhuring sami, kang sira alami, nulak walatipun.

14.  Mula abot wit amaksa kapti, mring reh karahayon, wus mangkana lumrah prabawane, seje lawan pinrih laku juti, dhangan sukeng kapti, iku timbangipun.

15.  Lan wus jamak manungsa donyeki, sap arena kasor, nadyan ana kapok sayaktine, saking pangkat gedhe lawan cilik, sugih lawan miskin, adhap miwah luhur.

16.  Kayajtene kang pangkat geng alit, kang luhur kang asor, sugih miskin kabeh sasamane, yen ginunggung sarta den-condhongi, adoh kang saserik, cedhak sukanipun.

17.  Dunungipun wong kang nglalu budi, ana becik a-wong, becikira kang tinuturake, alanipun wus kocap ing nguni, tan lyan jalaraning, cupeting panggayuh.

18.  Mring kawiryan myang sabarang kapti, nanging tan kalakon, wit tan majad kang kinarepake, tanpa srana lumuh anorragi, tan arsa minta sih, tamtu tan jinurung.

19.  Lamun majad kang sinedyeng kapti, mangka tan kalakon, aja age kager ing driyane, salah tampa panglaluning ati, nguring-uring dhiri, nutuh amun-amun.

20.  Tampanna sasmitaning widhi, tanjihna ing batos umat kabeh iki kekasihe, yekti nora bineda sademi, dene duwe kapti, teka tan jinurung.

21.  Mbokmanawa kang sira karepi, ginawe lelakon durung waktu iku ing tegese, ngadatira saniska reng kapti, yen wus kembalali, kono sok jinurung.

22.  Ngibarate lir durian neng uwit, nanging maksih anom, yen pinenek angel pangundhuhe, dupi kena tan enak binukti, tiwas ander-pati, wekasan tan urup.

23.  Pakolehe anyareken kapti, andina ywa towong, anunggoni neng ngisor uwite, prapteng mangsa jer runtuh pribadi, gampang dennya ngambil, tur enak lan tuwuk.

24.  Nora beda wong nggayuh kamuktin, yen kasreng ing batos, sinangkanan nglalu pratingkahe, nguring-uring kang dinolan kardi, sinengguh tan mikir, marang awakipun.

25.  Ngempakaken rurusuhing batin, kemate linakon estu kena kang kinarepake, kang mangkana iku wahyu iblis, ngadat tan kestari, geng bencana nipun.

26.  Kadya duren kanga nom winuni, padhaning lalakon, seje lawan kang wantah wekase, panedhane saking jro samadi, kalanireng wengi, ing lair sinamun.

27.  Kang minangka isarat sa-ari, tan meneng sapakon, mring kang wajib marentah awake, masruti ra temen lan taberi, sasamben norragi, nyangking tembung arum.

28.  Adhadhasar rahayuning budi, tan meling kang asor, tansah asih marang sesame, luwangira yen bias nglakoni, barang kang kinapti, ing samajatipun.
Ora luput kang sarta basuki, iku wahyu yektos, pirabara tumurun bakale, ra-orane awake pribadi, lakone lestari, tan sangsareng kalbu.

29.  Lir angganing durian kang mateng wit, jumbuhing lalakon, barang seja ana jalarane, ora teka yen mung den-esiri, wit kang Maha Suci, tan adarbe suku
.
30.  Ora luput kang sarta basuki, iku wakyu yektos, pirabara tumurun bakale, ra-orane awake pribadi, lakonne lestari, tan sangsareng kalbu.

31.  Itih panawunging ruwiyadi, ri Soma katongton, kaping sapta Sapar wimbaning lek, tabuh astha Dal sangkaleng warsi, “Dwara Trusing Ardi, risang Mahaprabu”.[4]

Terjemahan:
1.      Yang ingin dimunculkan pencipta berawal, pada pandangan yang salah, yang selalu menyiksa raganya, malu karena perbuatnnya sendiri, berbuat tidak terkendali dan akhirnya mendapatkan nistha.
2.      Orang muda suka menonjolkan dirinya untuuk membantu orang lain, namun kemaunnya itu hanya basa-basi dan tergesa-gesa ingin mendapat pujian.
3.      Tidak tahu bahwa perbuatannya banyak yang menertawakan, kemurahan hati yang sudah berkurang, bahkan yang belum tau sudah dengar kabarnya, yang sudah benci semakin benci, dan membuat sakit hati orang.
4.      Tampak perilaku yang dibuat-buat, tidak ada yang baik satupun , bahkan kelihatan seperti orang yang usil dan sadis.
5.      Walaupun mereka sudah berhenti atau sembuh, namun tidak ada yang percaya, seperti itulah kebiasaannya manusia, yang mungkin mengulangi lagi.
6.      Jika terjadi hidup dua kali, banyak orang yang kecewa dengan perbutannya, dan tidak ada yang takut mati, mereka jadi mudah bertingkah laku, tidak ada hentinya.
7.      Tetapi hidup hanya sekali, banyak yang merasa kecewa yang mendalam, sehingga menimbulkan rasa ingin bunuh diri, menambah dosa besar.
8.      Orang yang bunuh diri , makamnya tidak boleh dikumpulkan dengan makamnya keluarga, dan makam manusia pada umunya.
9.      Orang yang membunuh manusia, dosanya sangat besar, namun lebih besar dosanya orang yang bunuh diri, melebihi matinya lutung dan kera.
10.  Untuk menghilangkan dosa sementara waktu, walaupun sudah dilakukan, tidak lain hanya meminta maaf, kepada orang yang disakiti hatinya, datang secara pribadi, kerumahnya.
11.  Jika lebih tua dan lebih tinggi, berbaktilah, sampaikan kesalahannya, walaupun lebih muda tapi pangkatnya tinggi, kalau bertemu beri salam dan merendah diri dengan bahasa yang halus.
12.  Walaupun muda posisi lebih tinggi, diharapkan bisa merendah diri, semua itu usaha untuk mengilangkan kemarahan, jika malu mengakui dengan langsung, maka tulislah dengan baik dan halus.
13.  Kemudian minta maaflah kepada Tuhan, bertaubat di hati, merasa dirinya bersalah, menghormati sesame keluarga, agar tidak mendapat dosa.
14.  Memang awalnya berat memaksa berbuat baik, untuk menuju keselamatan, sudah sewajarnya wibawa, berbeda dengan tingkah laku yang sebenarnya, itu pertimbangannya.
15.  Sudah sewajarnya manusia di dunia, siapa yang lengah dia yang kalah, meskipun sebenarnya tidak kalah, walaupun jabatan yang tinggi dan rendah, miskin dan kaya, harusnya merendahkan diri.
16.  Meskipun yang lebih rendah pangkatnya, yang muda yang baik, kaya miskin semuanya sama, yang dipuji serta dikagumi, jauh dari sakit hati, dan dekat dengan kesenangan.
17.  Disitulah orang yang tidak tahu akan budi baik, ada yang baik ada yang buruk, kebaikkan yang diucapkan, kejelekkannya juga sering diucapkan, tidak lain penyebabnya, pendeknya keinginan.
18.  Pada kenyataannya semuanya menuju ketahap yang mulia, tetapi tidak terlaksana, berawal dari tujuan yang tidak diharapkan, tanpa ada usaha, kemauaannya tidak dituruti
19.  Jika suatu ketika tujuan/cita-cita yang kita inginkan, tidak terlaksana, maka jangan terkejut dan menyalahkan dirinya sendiri.
20.  Mintalah petunjuk kepada Tuhan, rasakan apa kekurangan kita, semua manusia adalah kekasih Tuhan, jika menginginkan sesuatu mohonlah pada Tuhan, semuanya sama tidak dibeda-bedakan.
21.  Seandainya apa yang kamu harapkan/cita-citakan, tidak terkabulkan, maka itu belum waktunya,
22.  Diibaratkan seperti buah durian yang di pohon, yang masih muda, jika dipanjat sulit memetiknya, dan sudah dipetik namun tidak enak rasanya, padahal usahanya mati-matian.
23.  Lain halnya jika meletakkan pikirannya yang kecewa, menunggu dibawah pohon, mudah untuknya mengambilnya, kemudian rasanya enak dan kenyang.
24.  Tidak beda dengan orang yang mencari kesaktian, kalau kejujuran di batin, dipaksakan melebihi tingkah laku, marah-marah yang tidak jelas, sesunggunhnya dia tidak memikirkan dirinya.
25.  Membangkitkan kegelisahan batin, segala jalan ditempuh, sesungguhnnya boleh dilakukan, namun yang seperti itu adalah wahyu setan/ilmu hitam, yang seperti itu tidak akan abadi, begitulah musibahnya.
26.  Seperti durian yang muda sudah dipetik,  seperti tingkah laku baik, yang akhirnya berhasil, yang selalu memohon di waktu malam, di waktu munculnya cahaya.
27.  Yang seperti itu pertanda, tidak melarang saling menyapa, kepada yang wajib memerintah dirinya, rajin menjalankan tugas dan member maaf, merendahkan diri, sopan santun dalam tutur kata.
28.  Yang menjadi dasar selamatnya budi, tidak lepasa dari kebaikkan, harus mengasihi sesama, yang menjadi harapan adalah jika bisa menjalankan itu semua.
29.  Kelihatan seperti buah durian yang masak di pohon, pada kehidupan, sesuatu terjadi bila ada sebabnya, tidak akan datang cuma hanya dilihat saja, sebab yang Maha Kuasa tidak  menurunkan begitu saja.
30.  Tidak lepas dari orang yang selamat, yang akhirnya turunlah wahyunya, setidaknya untuk dirinya sendiri, dan bersifat abadi tidak menyengsarakan hati.
31.  Demikian piwulang/nasehat, dengan kata-kata lembut, selasai tujuh Sapar tahun dal 1799, yang disertai kronogram “Dwara Trusing Ardi, rising Mahaprabu”.

B.     Biografi  KGPAA Mangkunegara IV
KGPAA Mangkunegara IV atau lengkapnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV adalah putra ke-7 Gusti Raden Ayu Pangeran Aria Hadiwijaya 1 di Surakarta. Sudiro (KGPAA Mangkunegara IV) lahir di dalam Hadiwijayan pada hari akad legi jam 23.00 tanggal 1 Sapar Jimakir Windu Sancoyo 1736 atau 3 Maret 1811, di Surakarta. Eyang Sudiro dari pihak ayah gugur dalam pertempuran melawan Kompeni Belanda di Kaliabu. Maka terkenal dengan sebutan Hadiwijaya Seda KaliabuI. Eyangnya dari ibu adalah Mangkunegara II, anak kandung Mangkunegara I, yang terkenal dengan sebutan Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyowo.[5]
Mulai saat itulah R.M Sudiro (KGPAA Mangkunegara IV) diambil oleh Mangkunegara II dan dirawat oleh ampil (selir) bernama Mbok Ajeng Dayaningsih,R.M Sudiro tidak pernah mendapatkan pendidikan formal, karena pada saat itu belum ada maka, ia dididik sendiri oleh eyangnya yaitu Mangkunegara II . Setelah berusia 10 tahun diberikan kepada kakak sepupunya yang bernama K.P Riya (yang kemudian menjadi Mangkunegara III) dan diakui sebagai anaknya.Di bawah asuhan Mangkunegara III, R.M Sudiro diberi pelajaran tentang membaca, menulis, berbagai cabang kesenian dan kebudayaanserta pengetahuan lainnya.[6]Sudah menjadi tradisi para putra bangsawan tinggi Mangkunegara, apabila sudah cukup umur harus mengikuti pendidikan militer.Pada usianya yang ke-15 tahun RM Sudiro pun menjadi kadet di Legiun Mangkunegaran. Begitu lulus pendidikan militer yang ditempuhnya selama satu tahun, RM Sudiro ditempatkan sebagai perwira baru di kompi lima.[7]
Pada usia 22 tahun R.M Sudiro dinikahkan dengan putri kedua dari KP.Ar Suryomataram putri dari padmi putri Suryodipuran, dengan demikian masih saudara sepupu sendiri. Dan acara pernikahan tersebut dilaksanakan pada sabtu pahing tanggal 20 Rejeb, tahun 1759. Setelah menikah Sudiro diberi sebutan atau nama R.M.Ar. Gondokusumo.[8] Pada masa mudanya KGPAA Mangkunegara IV sangat tertarik pada pelajaran agama, lalu ia berguru pada para ulama sampai mengenai aturan ibadah haji. Dalam hal ini KGPAA Mangkunegara IV didorong oleh perasaan cemas mengenai kehidupan pada hari akhir kelak.Namun belum cukup sempurna dalam menuntut pelajaran agama, KGPAA Mangkunegara IV telah dipanggil untuk menerima tugas mengabdi pada pemerintah.[9]
Sudah menjadi tradisi bahwasannya yang menjadi trah Mangkunegara selain menjadi pemegang kekuasaan yang tertinggi di praja Mangkunegara mereka juga menjadi Komandan Legiun.Selama satu tahun Managkunegara IV menempuh pendidikan militer dan masuk sebagai prajurit Legiun Mangkunegara, yang kemudian naik pangkat menjadi Kaptin Ajudan  juga merangkap menjadi patih, kemudian diangkat menjadi ajudan dalem. Dan Pada  akhirnya diwisuda menjadi Mayor Infranti yang bertugas memegang administrasi Legiun. Dengan semua jabatan yang KGPAA Mangkunegara IV dapat membuatnya dengan mudah dan dapat dipercaya untuk memegang jabatan tertinggi yaitu sebagai Kolonel Komandan Legiun Mangkunegara ke IV.[10]
Pada tanggal 6 Januari 1853, KGPAA Mangkunegara III mangkat (meninggal) dan pada tanggal 24 Maret 1853 K.P.Ar Gondokusuma menerima gelar dan nama baru yaitu KGPAA Prabu Prangwedono Letnal Kolonel Legiun Mangkunegara. [11]Ketetapan memangku gelar KGPAA Mangkunegara IV di saat beliau berusia 47 tahun, pada hari Rabu kliwon tanggal 27 Sura Jimakir 1786 atau 16 Agustus 1857.[12] KGPAA Mangkunegara IV hidup sezaman dengan pujangga Ronggowarsito dan sunan Pakubuwana IX.  Dalam hal memperdalam ilmu agama dan khususnya ilmu batin, KGPAA Mangkunegara IV tidak selalu sejalan atau sealiran dengan Ronggowarsito, meski demikian hubungan keduanya tetap akrab. KGPAA Mangkunegara IV telah mencapai kematangan dalam berbagai bidang sejak sebelum menjadi raja Mangkunegara.oleh karena itu,  setelah menduduki jabatan raja Mangkunegara segera mengambil inisiatif dalam bidang politik politik, pemerintahan, ekonomi, sosial dan seni budaya.[13]
KGPAA Mangkunegara IV memerintah selama 28 tahun mulai 1853 sampai dengan 1881.Selama bertahta KGPAA Mangkunegara IV banyak mendapatkan pujian dan anugrah berupa bintang jasa dari kerajaan Austria, Jerman, Belanda, atas karya-karya dan jasanya dalam memgembangkan, serta mengemudikan pemerintahan Mangkunegara.[14]Pada masa itu Mangkunegara mengalami zaman keemasan, sehingga dikenal kala sumbang‘masa kemashuran atau kejayaan’.Di samping perbaikan dalam bidang pemerintahan, Mangkunegara juga meningkatkan dan menggalakan pengembangan berbagai tanaman export terutama perkebunan kopi dan tebu.Kemudian dibidang ekonomi KGPAA Mangkunegara IV membangun pabrik gula di Colomadu dan Tasikmadu.Kemajuan dibidang ekonomi itu diimbangi dengan usahanya memajukan pikiran dan seni budaya.[15]Pemikiran-pemikiran KGPAA Mangkunegara IV banyak diungkapkan dalam karya-karya sastranya yang semuanya mengambil bentuk tembang berbahasa Jawa.
KGPAA Mangkunegara IV wafat diusia 72 pada tanggal 2 September 1881, wafat di Surakarta dan dimakamkan di Astana Girilayu.Dengan meninggalnya KGPAA Mangkunegara IV, pemerintah Belanda merasa kehilangan seorang tokoh terkemuka pribumi, seorang yang pantas disebut manusia besar, seorang yang setia dan menepati janji, seorang kepala pemerintahan yang cakap, berkemauan keras dan giat bekerja.[16]

C.    Pemikiran KGPAA Mangkunegara IV
1.      Ilmu dan laku
Ngelmu iku kalakone kanthi laku
Lekase lawan kas
Tegese kas nyantosani
Setyo budya pangekese dur angkara[17]
Artinya: ilmu itu akan bermanfaat bila disertai dengan penghayatan. Pengetrapannya pun dengan bersungguh-sungguh. Artinya kesungguhan akan memberi kesentosaan, dan kesadaran sebagai sarana memusnahkan angkara murka.[18]
Ilmu itu dapat terwujud apabila dijalankan.Dimulai dengan kemauan-kemauan inilah yang membuat sentosa.Budi yang setia itu penghancur angkaradan nafsu angkara yang besar di dalam diri selalu berkumpul dengan kelompok nafsu.Bila dibiarkan berkembang menjadi bahaya. Maka ilmu  pengetahuan itu hanya dapat dicapai dan dikuasai dengan laku sesuai dengan apa yang diajarkan (ajaran teori harus dipraktekkan). Dan laku itu harus disertai dengan kemauan yang tulus dan bersungguh hati, disamping itu yang paling penting adalah keteguhan iman/budi untuk menghadapi segala godaan dan menjauhkan sikap laku yang serba negatif.
Seseorang bila telah mampu menguasai nafsunya, dengan sendirinya akan berbudiluhur dan menjauhi budijahat. Orang yang berbudiluhur ditandai dengan sifat-sifat utama pada dirinya, yaitu mudah memaafkan, sabar, murah hati, tidak mudah tergoda amarah dan bujukan kesenangan jasmaniah dan yang terakhir bersyukur atas melimpahnya anugrah dan rahmatNya.[19]
2.    Catur sembah
Wejangan yang senantiasa diingat oleh masyarakat Jawa, termasuk yang bukan Kejawen sekalipun adalah ilmu laku yang telah dijelas di depan. Adapun wejangan yang mendalam ditunagkannya kedalam karya saatra Serat Wedhatama yang menjelaskan tentang catur sembah yaitu: sembah raga, sembah cipta, sembah jiwa,dan  sembah rasa.
Empat sembah tersebut, apabila diperbandingkan dengan konsep syariat, tarikat, hakikat dan makrifat, tidaklah jauh beda pada catur sembah hanya menjangkau sebagaian perintah Tuhan sedangkan syariat, tarikat, hakikat dan makrifat jangkau seluruh perintah dan larangan Tuhan. Namun, kedua-duanya merupakan perjalanan hidup yang utuh.Catur sembah merupakan mata rantai yang sambung, menyambung, yang satu berkait dan bersambung dengan yang lainnya.
a.       Sembah raga
Sembah raga punika
Pakrtine amangang laku
Susucine asarana saking warih
Kang wes lumrah limang wektu
Wantu wataking weweton[20]

Artinya: sembah raga adalah tingkatan orang yang baru menempuh laku, bebersihnya masih menggunakan air , menjalankan shalat lima waktu pada umumnya, sudah semestinyalah seperti itu.
Sembah ini didahului dengan bersuci yang menggunakan air, yang berlaku umum. Sembah raga ditunaikan sehari semalam lima kali dan untuk menunaikan sembah ini telah ditetapkan waktunya. Sembah lima waktu ini merupakan shalat fardhu yang wajib ditunaikan terus menerus tiada henti seumur hidup, dengan keharusan memenuhi segala ketentuan syarat dan rukun yang menjadi pedoman.[21]
Namun, sesungguhnya baru permulaan,  ada yang lebih mendalam disebaliknya, sesuatu yang khas dan menuntut konsentrasi , memfokuskan pemahaman agar syariat itu terasa indah. Berbeda dengan zaman dahulu, semuanya berjalan bagaimana mestinya segala jenis syariat selaras dengan laku batin sehingga tidak rancu dan membingungkan bagi mereka yang beribadah kepada Tuhan.
b.      Sembah cipta
Samengko sembah kalbu
Yen lumintu uga dadi laku
Laku agung kang kagungan narpati
Patitis tetesing kawruh
Meruhi marang Kang Momong[22]

Artinya: selanjutnya adalah sembah kalbu (sembah cipta) jika konstan terjaga, juga menjadi laku, menjadi tindakan bak seorang raja tepat di dalam mempraktikkan pengetahuan hingga mengetahui kepada sang Pemelihara.
Dalam bersuci tidak lagi memerlukan air hanya mengendalikan gerak-gerik hati, diawali keteraturan, kritis, serta hati-hati konsisten dan setia pada proses, begitulah contoh kewaspadaan. Tatkala sudah benar dalam menemukan jalan yang semestinya berlaku secara apa adanya tanpa belak-belok, lamat-lamatakan mendapatkan kebahagiaan. Ketika sudah mengalami hal yang seperti itu, harus semakin tabah dalam melanjutkan langkah berjalan tenang, bening, tetap menjaga kesadaran setelah lenyapnya kebahagian.Di situlah letak keadilan Tuhan.[23]
c.       Sembah Jiwa
Samengko kang tinutur
Sembah katri kang sayekti katur
Mring Hyang Suksma sukmanen saari ari
Araben dipun kacukup
Sembahing jiwa suntengong
Sayekti luwih perlu
Ingaranan pepuntoning laku
Kalakuwan kang tumprap bangsaning batin
Sucine lan awas emut
Mring alaming lama maot[24]

Artinya: sekarang masuk dalam pembahasan sembah ketiga yang hendak saya uraikan Kepada Yang Maha hidup serta menghidupi, jagalah sepenuh kemampuan sembah jiwa ini, anakku. Sesungguhnya lebih dibutuhkan apa yang disebut sebagai puncak perjalanan, yaitu sesuatu yang berhubungan dengan gerak batin yang penyuciannya dengan waspada dan selalu sadar di sepanjang dunia hingga liang hayat.
d.   Sembah rasa
Samengko ingsun tutur
Gantya sembahingkang kaping catur
Sembah rasa karasa rosing dumadi
Dadine wis tanpa tuduh
Mung kalawan kasing batos[25]

Artinya: Nah, kini pembicaraan telah mengarah berganti kepada sembah yang keempat , semabh rasa yang merasakan hakikat dumadi terlaksana sudah tanpa petujuk dari luar dan hanya dengan kesentausaan batin di dalam.
Sembah rasa ini berlainan dengan sembah-sembah yang sebelumnya.Sembah ini didasarkan pada rasa cemas, sembah yang keempat ini sembah yang di hati dengan mmerasakan intisari kehidupan makhluk semesta alam.Puncak dari laku spiritual dalam serat wedhatama adalah sembah rasa.Jika sembah cipta/kalbu mengandung arti menyembah Tuhan dengan alat batin kalbu atau hati.Sembah jiwa menyembah Tuhan dengan alat batin jiwa atau ruh, dan sembah rasa berarti menyembah Tuhan menggunakan alat yaitu inti ruh. Alat batin yang ini adalah alat batin yang paling dalam dan yang paling halus yang menurut KGPAA Mangkunegara IV disebut telenging kalbu (lubuk hati yang paling dalam) atau wasing jiwangga (inti ruh yang paling halus).[26]
Apabila sembah jiwa dipandang sembah yang pada proses pencapai tujuan akhir perjalanan suluk (peputoning laku), maka sembah rasa, bukan lagi sembah proses perjalanan suluk melainkan sudah menjadi sembah yang dilakukan ditempat tujuan akhir suluk dengan kata lain seorang salik telah tiba ditempat tujuannya.

3.    Etika
Kata budiluhur adalah sinonim dari kata budipekerti yang merupakan terjemahan dari kata akhlak dalam Islam.Budiluhur ini sering kali diungkapkan pula dengan pakerti atau budipekerti yang mulia.Budiluhur yang demikian adalah budipekerti yang terpuji dalam masyarakat sepanjang masa, sedangkan budijahat adalah budipekerti yang tercela dalam masyarakat.[27]
Budiluhur mempunyai kedudukan yang amat penting di samping sembah dalam pemikiran KGPAA Mangkunegara IV. Kedua berkaitan sebagai kesatuan yang utuh.Namun dari keduanya mempunyai essensi yang berbeda dan berdiri sendiri. Budi luhur lebih menekankan manusia dengan masyarakat dan lingkungan, lebih bersifat membumi dan mahkluki.Sedangkan sembah lebih menekankan kontak manusia dengan Tuhan, dan bersifat batini dan khaliki.Sekalipun keduannya sama-sama memerlukan tata sopan santun, namun penerapannya berbeda.Sopan satun pada budiluhur tertuju kepada sesame makhluk yang setaraf dan sejajar (manusia), sedangkan sopan santun pada sembah, dari pihak bawah ke atas atau dari hamba kepada Tuhan.[28]
Konsep budiluhur menurut pemikiran KGPAA Mangkunegara IV, dapat dikelompokkan menjadi 4, yaitu:


a.       Etika Hidup Duniawi
Etika hidup duniawi dimaksud merupakan perilaku terpuji yang meliputi: sikap taat kepada agama (agama Islam), sopan satun dalam pergaulan, giat bekerja mencari nafkah, rajin menuntut ilmu guna mengendalikan nafsu, dan bercita-cita tinggi. Perilaku hidup duniawi tersebut, meski dalam ruang lingkup terbatas, menurut KGPAA Mangkunegara IV dipandang cukup memadai apabila diangkat sebagai tuntunan hidup praktis terutama bagi masyarakat Jawa.[29]
Perilaku yang terdapat dalam etika duniawi, antara lain:
1)      Sikap Kepada Agama
Penerapan budipekerti dalam mengikuti petunjuk agama, pada dasarnya perlu diajarkan dan perlu dibiasakan pada anak sejak kecil.Materi pendidikan agama dan budipekerti itu perlu digubah seindah mungkindan diajarkan secara halus dan lemah lembut, sehingga lebih menarik minat anak-anak untuk memperlajarinya. Sebaliknya jika agama dan budipekerti, meski beisi ajaran yang baik, tetapi disampaikan dengan cara yang kasar, tidak membuat orang dekat dengan agama, tetapi malah semakin jauh dari agama. Oleh karena itu, agama yang berisi ajaran budiluhur, perlu diajarkan dengan cara yang bijaksana, lamah lembut dan menarik hati.[30] Seperti diungkapkan KGPAA Mangkunegara IV dalam serat Wedhatama, sebagi berikut:
Mingkrang mingkuring angkara
Angkarana karenaning mardi siwi
Sinawung resmining kidung
Sinuba sinukarta
Mrih kretarta pakartining ngelmu luhung
Kang tumrap ing tanah Jawa
Agama ageing aji[31]

Artinya: Menjauhkan diri dari nafsu angkara , kerena berkenan mendidik putra dalam bentuk syair dan lagu, dihias penuh fariasi, biar menjiwai ilmu luhur yang dituju, di tanah Jawa ini yang hakiki itu adalah agama sebagai pegangan yang baik.[32]
Sikap mematuhi agama , bukan saja mencakup hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga mencakup hubungan manusia dengan sesamanya dalam bentuk pergaulan.
2)   Etika Pergaulan
Secara naluri manusia selain sebagai makhluk individual juga sebagai makhluk sosial. Dengan demikian manusia tidak bisa hidup sendirian, namun tetap membutuhkan orang lain atau masyarakat untuk dapat hidup. Untuk hidup tentram, serasi dan selamat dalam bermasyarakat manusia membutuhkan etika pergaulan yang mengatur hubungan antar manusia.
Keserasian dan keselarasan pergaulan dapat terwujud apabila seseorang memahami dan menghayati tatakrama.Sebab hanya dengan budipekerti luhur masyarakat satu dengan yang lainnya dapat hidup rukun dan saling menghormati, masing-masing tau hak dan kewajibannya, tahu tempat dan kedudukannya secara pantas dan layak, sehingga mereka tidak berperilaku yang membuat malu.[33] Maka ajaran budiluhur ini perlu dipelajari, seperti pesan KGPAA Mangkunegara IV dalam serat Wedhatama, sebagai berikut:
Jinejer neng Wedhatama
Mrih tan kemba kembenganing pambudi
Mangka nadyan tuwa pikun
Yen tan mikani rasa
Yekti sepi asepa lir sepah samun
Samangsane pakumpulan
Gonyak ganyuk nglilingsemi[34]

b.      Etika Prajurit
Aparatur Negara yang dimaksud di sini adalah orang yang berfungsi sebagai alat Negara, seperti pegawai, anggota tentara atau prajurit, dan sebagainya.
1)      Disiplin prajurit
Prajurit bagi KGPAA Mangkunegara IV tidak diperlakukan hanya sebagai alat Negara semata, melainkan juga sebagai anak buah atau siswa yang begitu akrab dengan pimpinannya atau pembibingnya.Setelah terjadi kedekatan antara kedua belah pihak, maka Magkunegara IV langsung menyampaikan nasehat dan petunjuknya tentang disiplin prajurit yang dijadikanya sebagai kode etik prajurit Mangkunegara.[35] Kode etik dalam bentuk disiplin prajurit tertulis dalam serat Wirawiyata, yang dirangkum sebagai berikut:
a)      Hendaklah setiap prajurit melaksanakan tugas kewajibannya dengan cermat dan hati-hati, bekerja dengan giat dan membuang kemalasan, menjaga nama baiknya dan orang tuanya dengan tidak berbuat sesuatu yang mengecewakan dan memalukan mereka.
b)      Hendaklah setiap prajurit melaksanakan tugasnya dengan hati yang mantap dengan rajin dan bersungguh-sungguh, tidak merasa bahwa tugas prajuritlah yang paling berat. Dan hendaklah ia pahami bahwa segala pekerjaan di dunia ini tidak berbeda dalam fungsinya sebagai sarana pencapaiaan cita-cita.
c)      Hendaklah setiap prajurit memperbanyak amal bakti. Dan perlu diketahui bahwa yang termasuk amal bakti itu bukan hanya sembahyang tetapi juga seganap perbuatan baik yang diridhai Tuhan.
d)     Hendaklah setiap prajurit berbuat amal bakti sebanyak-banyaknya dengan tidak tergesa-gesa meraih pangkat.
e)      Hendaklah setiap prajurit bersyukur kepada Tuhan dan berterimakasih kepada orang tua. Lantaran jasa-jasa merekalah ia sekarang memperoleh kejayaan dan kekuasaan dalam pemerintahan.
f)       Sebagai prajurit yang profesional, hendaklah setiap prajurit menguasai tata atau aturan kemiliteran dan ketrampilan keprajuritan. Untuk itu ia harus belajar teori dan praktek, tata tertib dan etiket militer.
g)      Bertempur adalah tugas prajurit yang sebenarnya. Pada saat yang getting itu seorang prajurit harus mempertebal keteguhan hati dan mematuhi sepenuhnya perintah panglima. Untuk itu ia tidak diperkenankan bertindak sendiri yang hanya mengandalkan keberanian semata, yang menyebabkan kekacauan barisan  dan merusak strategi pimpinan.
h)      Dalam bertempur di medan perang, hendaklah setiap prajurit bertekad bulat, mantap hati, tanpa bimbang dan ragu. Ia tidak perlu khawatir dan berkata soal kematian, karena soal mati bukanlah wewenangnya tetapi wewenang Tuhan.
i)        Jika ada musuh yang menyerah hendaklah ditawan dan diperlakukan dengan baik. Ia tidak boleh dianiaya atau dibunuh dengan semena-mena, karena hal itu dipandang sebagai laku tercela dan menjatuhkan martabat prajurit.[36]


c.       Etika khusus keturunan Mangkunegara dan Mataram.
Etika tidak hanya diajarkan untuk masyarakat secara umum, namun juga untuk keturunan Mangkunegara dan Mataram. KGPAA Mangkunegara IV mengajarkan etika yang secara khusus diperuntukkan bagi kalangan keluarga maupun keturunan Mangkunegara dan Mataram. Hal ini bertujuan supaya keturunan Mangkunegara dan Mataram mempunyai perilaku mulia yang dapat membedakan antara keturunan Mangkunegara maupun Mataram dengan masyarakat umum. Etika yang dinasehatkan untuk para trah Mangkunegara dan Mataram dalam bentuk perintah, anjuran, larangan dan harapan yang mencangkup perintah melestarikan wasiat, dorongan mencintai tanah air dan harapan memperoleh anugrah Tuhan dengan memajatkan do’a.
d.      Etika Rumah Tangga
Pembinaan rumah tangga bertujuan kepada pencapaian kesejahteraan keluarga. Untuk mencapai tujuan itu perlu dilakukan berbagai langkah baik sebelum menikah maupun sesudah menikah. Dan untuk menbina rumah tangga yang sejagtera tersebut KGPAA Mangkunegara IV memberi petunjuk dalam serat Warayangya dan darmawasita.  
Sebelum menikah, seseorang perlu mengerti apa yang menjadi hak dan tanggung jawab suami istri. Karena pada hakikatnya hak suami berarti tanggung jawabnya istri dan tanggung jawabnya suami adalah haknya istri. Maka dalam bersuami istri penting adanya kedewasaan dalam mengambil hak dan kewajiban masing-masing, supaya terlaksana secara seimbang dan selarasi. Seperti halnya nasehat KGPAA Mangkunegara IV dalam serat warayangya, sebagai berikut:
Kakung putri ing reh pala krami
Sumawana kang samya jajaka
Lamun tembe pikramane
Away tinalyang wuwus
Wasitane mengku pawestri
Ywa dumeh yen wong priya
Misesa andaku
Mring darbeking wanadyo
Palakrama nalar lan kakum kang dadi
Yen tiniggal temah nista

Artinya: Bagi putera dan puteri yang telah dewasa yang menginginkan berumah tangga, khususnya bagi yang masih bujangan, apabila nanti tiba saat perkawinan, janganlah asal bicara saja, tetapi perhatikan petunjuk bagaimanamemperlakukan istri, jangan hanya kamu laki-laki, lalu merasa berkuasa, terhadap benda milik perempuan, berumah tangga berpedoman pada nalar dan hokum yang berlaku, jika ditinggalkan keduanya akan menimbulkan kenistaan.
Untuk menlaksanakan pernikahan perlu diketahui pula bahwa dalam berurmah tangga harus ada keserasian dan saling pengertian antara suami istri. Seorang istri apabila ingin mendapat kepercayaan suami, maka ia harus dengan tulus hati menunjukkan sukap patuh, setia dan jujur lahir batin. Karena kepercayaan seorang suami kepada istrinya bukan karena istri yang memakai sihir, dan guna-guna, melainkan seorang istri yang berperilaku terpuji dan menyenagkan hatinya. Seperti halnya nasehat Mnagkunegara IV dalam serat Darmawasita, sebagai berikut:
Lawan malih wulangingsun
Margane wong kanggep nglaki
Dudu guna japa matra
Pelet duyung sarat desti
Dumunung neng patrapira
Kadi kawinahnya iki
Wong wadon kalamun manut
Yekti rinemenan nglaki
Pitutur margining welas
Mitutuh margining asih
Mantep manrganireng tresna
Yen temen den andel nglaki

Artinya: Dan lagi nasihatku, kenapa istri percaya suami, bukan karna guna-guna,  mantra, pellet duyung, guna-guna jahat, tetapi terletak pada perilakumu, seperti dinyatakan berikut ini, orang perempuan apabila menurut, niscaya dia disukai suami, berkata yang baik menyebabkan dia disayang, ketaatannya menyebabkan dia dikasihi, kemantapnya menyebabkan dia dicintai, jika jujur bakal dipercayai oleh suami.   
Jika seorang suami yang dipandang baik adalah yang mampu menikul tanggung jawab rumah tangganya, maka seorang istri yang baik adalah istri yang taat dan setia pada suaminya, menjaga diri dan rumah tangganya, dihadapan maupun dibelakang suaminya.




D.    Karya-karya dan Jasa-Jasa KGPAA Mangkunegara IV
1.      Karya-karya KGPAA Mangkunegar IV
KGPAA Mangkunegara IV memerintah kerajaan dari tahun 1864-1881.Dia dikenal sebagai pujangga besar yang sejajar dengan Ronggowarsito. KGPAA Mangkunegara IV merupakan penyair yang aktif, karya-karya yang keluar dari tangannya sebagian besar berbentuk syair dan meliputi beberapa bidang.Seperti halnya yang menyangkut tentang hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, menguraikan piwulang untuk beberapa jenis golongan serta pelajaran mengenai kejiwaan dan kerokhanian.Semua pemikirannya itu termuat dalam serat piwulang. Dalam khasanah Jawa ada tiga macan bentuk syair tembang, yaitu: tembang mocopat, tembang tengahan, dan tembang gedhe.  
Berikut ini merupakan karya-karya dari KGPAA Mangkunegara IV yang termuat dalam serat piwulang:
a.       Serat Tripama
Serat Tripama ini berisi tentang keteladanan prajurit dengan menampilkan tiga tokoh pemimpin dalam pewayangan.Pertama, patihSuwanda pada raja Arjuna Sasrabau dalam kisah pra Ramayana.Kedua,Kumbakarna dalam kisah Ramayana menjelang kehancuran Rahwana.Ketiga, kisah Adipati Karna yang menjadi senopati Kurawa denganArjuna dari Pandawa dalam kisah perang Baratayuda Mahabarata. Serat ini terdiri atas 7 bait yang berbentuk pupuh dhandanggula.
b.      Serat Salokantara
Isi dari serat ini adalah suatu wawasan yang disajikan secara tersirat tentang bagaimana mengembangkan keluarga dan melestarikan praja dengan sikap raja pinandhita. Sebenarnya serat ini merupakan cerita sampiran, maksudnya salokantara menjadi tempat KGPAA Mangkunegara IV menuangkan pikiran berupa wawasan , tentang masalah-masalah yang dihadapi seorang raja yang semakin senja usiannya.
Sebagai seorang sastrawan dan budayawan KGPAA Mangkunegara IV dapat memilih cara tersendiri yang dipandang tepat untuk mengungkapkan buah pikiran atau wawasan tertentu kepada keluarga atau khalayak.Namun, pilihan tidak jatuh pada keduanya melainkan, pada karya satra sebagai medianya. Jadi, Serat Salokantara yang berbentuk dongeng merupakan media penyampaian tentang wawasan dan masalah-masalah yang orang tua sekaligus raja yang sudah menyadari akan usianya yang senja. Sehingga penyampaiannya pun dengan cara orang tua.
c.       Serat Yogatama
Serat ini berisi himpunan pada semua trah Mataram Surakarta untuk senantiasa sejiwa, secipta untuk mengagungkan asma Tuhan demi kelestarian praja Mataram. Serat ini ditulis dengan tujuan supaya semua orang yang merasa trah Mataram sadar akan keberadaannya dan mempunyai tanggung  jawab moral atas kelestarian Negara.  
d.      Serat Pariaminta
Serat Pariaminta yang berbentuk sekar mocopat ini merupakan langkah penilaian KGPAA Mangkunegara IV terhadap penerapan dan penghayatan darma orang tua dalam kehidupan.Maksudnya, sejauh mana darma orang tua diterapkan dan dihayati oleh putranya.
e.       Serat Paliwara
Serat ini berisi tentang penuntasan tugas dan fatwa dari orang tua (sebagai pimpinan praja) kepada putranya (calon pengganti).Tujuan dari serat ini adalah supaya calon penggantinya tidak terlambat menghadapi tugas pokok mengatur praja dan melindungi kawulo yang dipercayakan kepadanya.
Dibandingkan dengan karya saatra Mnagkunegara lainnya, agaknya karya yang inilah yang khusus, dikarenakan serat ini ditulis dalam usia senja yakni pada penghujung masa kepimpinannya.
f.       Serat Darmawasita
Serat ini berupa piwulang atau nasehat tentang sopan santun (etika) berumag tangga.Tujuan dari serait ini agar para putra yang sudah bersuami istri dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik dalam kehidupan selaras dan utami (terhormat). Namun serat ini juga sering disebut dengan serat astagina,(delapan faedah).
g.      Serat Salokatama
Serat salokatama termuat dalam kumpulan budi luhur, berupa piwulang atau nasehat yang disajikan dalam bentuk seloka (perumpamaan).Serat ini ditujukan kepada semua orang yang mengalami kelainan tingkah laku dan diarahkan agar menjadi orang berbudi rahayu.
h.      Serat Wirawiyata
Serat Wirawiyata ini berisi nasehat dan pelajaran yang ditujukanpada keluarganya dan rakyat Mangkunegaran pada umumnya terutamapara prajurit untuk bersikap memiliki tekat yang bulat jangan ragu ataubimbang, serta setia patuh menjaga kehormatan. Kedudukan yangberaneka ragam pada hakekatnya sama dalam meraih keberhasilan cita-cita.
i.        Serat Warayangnya
Serat Warayangnya ini berisi tentang etika rumah tangga atau perkawinan.Perkawinan terbentuk bukan hanya untuk menuruti dorongan biologis, melainkan untuk menunjukkan tingkat martabat manusia yang berbudaya dan berperadaban yang ditandai dengan timbangan akal pikiran yang sehat dan kesetiaan kepada hukum dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu perkawinan harus berdasarkan suka sama suka antara kedua colon mempelai dan tidak atas paksaan orang lain maupun orang tua.
j.        Serat Sriyatna
Serat ini berupa harapan keselamatan Negara dan nasehat untuk keluarga dan rakyatnya, hendaknya memandang suatu jabatan sebagai amanat yang harus dipertanggungjawabkan sesuai denga keahliannya. Maka bagi para pejabat perlu mempunyai sifat seperti berikut:tidak mengganggu dan menyakiti orang tua dan sesama manusia, tidak sombong, mempertebal iman, menerima nasib serta tidak menuruti hawa nafsu sendiri dan gemar mendekatkan diri dan berdo’akepada Tuhan.
k.      Serat Nayakawara
Serat Nayakawara berisi petunjuk kepada Punggawa Mentri(pimpinan pegawai pemerintah Mangkunagara).Dalam serat inipunggawa mempunyai pengertian khusus yakni seorang pejabatsemacam kepala daerah yang berasal dari manggala pendukung utamaperjuangan Mas Said melawan Belanda. Setelah Mas Said meraih kemenangan dan diangkat menjadi Mangkunegara I, mereka diangkat menjadi kepala  daerah tertentu. Kedudukan ini dapat diwariskan kepada keturunan masing-masing.Setelah berjalan lebih dari satu abad, sikapdan perilaku mereka mengalami pergeseran ke arah negatif. Untuk itu KGPAA Mangkunegara IV bermaskud memperbaiki kekeliruan merekakhususnya dan perbuatan pejabat yang lain umumnya.
l.        Serat Paliatama
Serat Paliatama berisi petunjuk untuk putera-puteri KGPAA Mangkunegara IV dari istri tua R.M.H. Gandakusuma yang wafat, agarmereka memelihara kerukunan dan menjaga keselamatan calon putera mahkota Suyitna satu saudara yang berasal dari ibu lain. Serat inibernada penyampaian wasiat yang disertai sumpah terhadap siapa yang melanggar aturan.Serat ini bertujuan agar sepeninggalan Ramannda semua putra dapat menpatkan diri dan menyesuaikan diri sebaik-baiknya, sebagai putra bangsawan terhormat dan sebagai warga praja yang tetap setia menjaga nama baik.[37]
m.    Serat Wedhatama
Serat Wedhatama ini berisi tentang pelajaran dan petunjuk (nasehat) bagi golongan tua dan generasi muda mengenai menuntut ilmu lahir dan batin, orang yang ingin menyembah Tuhan dengan segenap daya dan rohaninya (ibadah pada Tuhan), orang yang ingin mendapat limpahan Anugerah Tuhan (mencapai Rahmat dari Tuhan).
2.        Jasa-Jasa KGPAA Mangkunegara IV
Dalam mejalankan pemerintahan Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara IV adalah seorang yang mandiri, penuh dengan inisiatif dan daya cipta antara lain:
a.       Di bidang pemerintahan: KGPAA Mangkunegara IV meneliti dan mempertegas kembali batas-batas wilayah antara Kadipaten Mangkunegara dengan milik Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta (desa-desa ngawen di dalam wilayah Kasultanan Yogyakarta, adalah milik Kadipaten Mangkunegara waktu itu).
b.      Di bidang kemiliteran: KGPAA Mangkunegara IV mewajibkan seriap kerabat Mangkunegaran yang telah dewasa, dan mereka hendak menjadi pamong praja, terlebih dahulu harus menjalani pendidikan militer selama 6-9 bulan lamanya.
c.       Di bidang sosial ekonomi: diciptakanlah berbagai usaha komersil yang menjadi sumber pendapatan Kadipaten seisinya, di samping memberikan lapangan kerja sebanyak mungkin dan seluas-luasnya bagi rakyat daerah Mangkunegaran.
d.      Di bidang sosial budaya: selayaknya kerajaan-kerajaan pada umumnya, KGPAA Mangkunegara IV ingin membuat istananya terlihat megah, mewah dan indah. Hal ini terlihat dari pengadaan peralataan kerajaan mulai dari perhiasan-perhiasan, meja kursi berukir, berbagai jenis lampu gantung dan duduk, arca-arca, permadani-permadani sampai pada peralatan kebutuhan rumah tangga (sendok, gelas, piring,), semuanya di impor langsung dari luar negeri, seperti Italia, Jerman, Persia, dan lain sebagainya.
e.       Di bidang kesenian Mangkunegara juga menunjukkan bakat yang luar biasa, yaitu berbagi macam tarian diciptakan, membuat gamelang yang begitu besar, mengubah jenis-jenis wayang, mengolrktir berbagai macam topeng pahatan-pahatan dan lukisan-lukisan. [38]


[1]KGPAA Mangkunegara IV, Serat Salokatama, dalam Piwulang Budi Luhur, penerjemah Harmanto Bratasiswara, (Surakarta: Reksa Pustaka Kabupaten Reksa Budaya Pura Mangkunegara), h, 151
[2] Ibid, h. 152
[3]Ibid, h, 153
[4] Ibid, h. 147 -151.
[5]Adityo Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama, (Yogyakarta: Pura Pustaka, 2005), h. 6
[6]Sarwanta wiriasuputra, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV, (Surakarta: Rekso Pustaka Istana Mangkunegara, 1978), h. 6
[7]Muhaji Fikriono, Puncak Makrifat Jawa (Jakarta: Noura Books, 2012), h. 93
[8]Sarwanta wiriasuputra, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV,h. 11
[9]Adityo Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 7
[10]Sarwanta wiriasuputra, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV,h.6
[11]Ibid.h. 7
[12]Ki Sabdacarakatama, Serat Wedhatama, h. 10
[13]M. Hariwujaya, Islam Kejawen, (Yogyakarta: Gelombang Pasang, 2006), h. 304
[14]Ki Sabdacarakatama, Serat Wedhatama, h.10
[15]Ibid, h. 304
[16]Adityo Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 11
[17]KGPAA Mangkunegara IV, Wedhatama, (Surakarta: Yayasan Mangadeg, 1979),h. 16
[18]Ibid, h. 40
[19] Ardani, AL Qur’an dan Sufisme Mangkunegara IV (Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995), h. 175
[20]KGPAA Mangkunegara IV, Wedhatama,h. 19.
[21]Muhaji Fikriono, Puncak Makrifat Jawa, h. 95.
[22]KGPAA Mangkunegara IV, Wedhatama, h. 20
[23]Muhaji Fikriono, Puncak Makrifat Jawa, h. 96
[24]KGPAA Mangkunegara IV, Wedhatama, h. 21
[25]Ibid, h. 22
[26]Adityo Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 68
[27] Ardani, AL Qur’an dan Sufisme Mangkunegara IV, h. 145
[28] Ibid,h. 146
[29] Ibid, h. 148
[30] Ibid, h. 149
[31] KGPAA Mangkunegara IV, Wedhatama, h.9
[32] Anjar Any, Menyikap Serat Wedhatama, (Semarang: Aneka Ilmu, 1985), h. 31
[33] Ardani, AL Qur’an dan Sufisme Mangkunegara IV, h. 159
[34] KGPAA Mangkunegara IV, Wedhatama, h. 9
[35] Ardani, AL Qur’an dan Sufisme Mangkunegara IV, h.180
[36] Ibid, h. 183.
[37]KGPAA Mangkunegara IV, Piwulang Budi Luhur, penerjemah Harmanto Bratasiswara (Surakarta: Reksa Pustaka Kabupaten Reaksa Budaya Pura Mangkunegar)
[38]Adityo Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 15

1 komentar: