|
SERAT
SALOKATAMA DAN KGPAA MANGKUNEGARA IV
A. Deskripsi Serat Salokatama
Serat Salokatama termuat dalam kumpulan piwulang
budhiluhur, karena berupa piwulang atau nasihat yang disajikan dalam bentuk
seloka (amsal, perumpamaan). Karya KGPAA Mangkunegara IV ini dibuat dalam
bentuk sekar mijil dan penulisan dari serat ini hari senin, tanggal 7 sapar
tahun dal 1799 (Masehi 1870). Serat ini ditulis ditujukan kepada semua orang
yang mengalami kelainan tingkah laku dan diarahkan supaya menjadi orang yang
berbudi luhur dan bias menyesuaikan diri pada lingkungan.[1]
|
Untuk menangani masalah khusus,
yakni kelainan tingkah laku, Mangkunegara sangat bijaksana dan hati-hati
sekali.Mengingat bahwa orang-orang yang berkelainan tingkah laku umumnya sangat
perka dan mudah tersinggung, maka petunjuk bagi mereka tidak ditundingkan
secara tegas dan tandas. Tetapi direda dan ditambatkan dalam sepupuh tembang
Mijil 30 bait dan dibeberkan dalam bentuk seloka (saloka) yang artinya
perumpamaan. Sesuai dengan sifat temabng Mijil yang melahirkan perasaan
gembira, sengsem, rindu dan prihatin, maka jelaslah salokatama menunjukkan
sikap tertentu penulisnya (KGPAA Mangkunegara
IV) terhadap masalah kelaianan tingkah laku. Sebagai pimpinan praja KGPAA
Mangkunegara IV sangat prihatin mengahadapi gejala yang bermasalah yakni
perilaku yang tidak sewajarnya yang dialami oleh warga kawulanya (rakyat).
Sasaran salokatama adalah
orang-orang yang berkelainan, khususnya orang yang bertingkah laku salah, tidak
dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan. Tujuan dari serat ini adalah membuat
mereka dapat hidup dalam keserasian, dan
mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dengan sebaik-baiknya.[3]
Adapun isi dari serat Salokatama,
sebagai berikut:
1. Wijiling
kang pangripta murwani, myat ing reh salah ton, kang milalu milara ragane,
laling wiring kasereng ing kapti, nir yitnanta dadi, nista temahipun
2. Labet
saking mudha dameng budi, digung lumuh kasor, nggege mangsa medhar kasurane,
pamrihira mung ngulab-ulabi, mring sanggya kang ngaksi, den alema punjul.
3. Tan
wruh lamun akeh kang ngesemi, pinrayitnan batos, kang wus asih suda ing resepe,
kang during wruh wus ngrungu pawarti, ingkang sengit dadi, sokurireng kalbu.
4. Temah
kengis wateke kang wadi, alane katongton, sapolahe kiniumuhan bae, ora ono kang
bares sawiji, wong jail lan juti, iku saminipun.
5.
Nadyan mari gung sinangga-runggi, tan
ana pita dos, wus mangkana manungsa adate, paran-baya deninira mbaleni, sapisan
dumadi, nir piandelipun.
6.
Yen pasthiya tumitah ping kalih,
sakathaing uwong, ora ana kaduwung solahe, lan tan ana ing kang wedi mati, gampang
dennya budi, tan ana pamupus.
7.
Balik ora tinitahke malih, paran
wekasing ndon, mung karantan kaduwung batine, gegtune sangsaya ngranuhi, yen
ngatura pati, nimbuhi dosa gung.
8.
Wit jisime wong kang nglampus dhiri,
tan kena den-uwor, lan makame para leluhure, myang sawiyah makamaning janmi,
sinarang sinirik, kang apik tan ayun.
9.
Krana wong kang amateni janmi, wus dosa
lwih asor, mangka ana wong kolung ragane, tetep lamun druhaka ngungkuli, patinira
aji, kewan kethek lutung.
10. Pangruwate dosa sawatawis, rehne wus kelakon, tan lyan among minta
aksamane, mring kang samya sinrikken ing galih, prapta-a pribadi, marang
wismanipun.
11. Yen kaprenah tuwa kalah inggil, ngabektiya gupoh, linairna ing
kaluputane, lamun prenah nom nging pangkat inggil, mengku mawa taklim, karma
nuting tembung.
12. Yen kaprenah anom menang inggil, den-rahap pangrengkoh, kabeh prihen
lilihing rengune, lamun ana rikuhe ing ati, kamota ing tulis, lawan tembung
arum.
13. Lan nuwuna apura Hyang Widhi, tobata ing batos, rumangsa-a driyanya
salahe, mumulenen luhuring sami, kang sira alami, nulak walatipun.
14. Mula abot wit amaksa kapti, mring reh karahayon, wus mangkana lumrah
prabawane, seje lawan pinrih laku juti, dhangan sukeng kapti, iku timbangipun.
15. Lan wus jamak manungsa donyeki, sap arena kasor, nadyan ana kapok
sayaktine, saking pangkat gedhe lawan cilik, sugih lawan miskin, adhap miwah
luhur.
16. Kayajtene kang pangkat geng alit, kang luhur kang asor, sugih miskin
kabeh sasamane, yen ginunggung sarta den-condhongi, adoh kang saserik, cedhak
sukanipun.
17. Dunungipun wong kang nglalu budi, ana becik a-wong, becikira kang
tinuturake, alanipun wus kocap ing nguni, tan lyan jalaraning, cupeting
panggayuh.
18. Mring kawiryan myang sabarang kapti, nanging tan kalakon, wit tan majad
kang kinarepake, tanpa srana lumuh anorragi, tan arsa minta sih, tamtu tan
jinurung.
19. Lamun majad kang sinedyeng kapti, mangka tan kalakon, aja age kager ing
driyane, salah tampa panglaluning ati, nguring-uring dhiri, nutuh amun-amun.
20. Tampanna sasmitaning widhi, tanjihna ing batos umat kabeh iki kekasihe,
yekti nora bineda sademi, dene duwe kapti, teka tan jinurung.
21. Mbokmanawa kang sira karepi, ginawe lelakon durung waktu iku ing tegese,
ngadatira saniska reng kapti, yen wus kembalali, kono sok jinurung.
22. Ngibarate lir durian neng uwit, nanging maksih anom, yen pinenek angel
pangundhuhe, dupi kena tan enak binukti, tiwas ander-pati, wekasan tan urup.
23. Pakolehe anyareken kapti, andina ywa towong, anunggoni neng ngisor uwite,
prapteng mangsa jer runtuh pribadi, gampang dennya ngambil, tur enak lan tuwuk.
24. Nora beda wong nggayuh kamuktin, yen kasreng ing batos, sinangkanan
nglalu pratingkahe, nguring-uring kang dinolan kardi, sinengguh tan mikir,
marang awakipun.
25. Ngempakaken rurusuhing batin, kemate linakon estu kena kang kinarepake,
kang mangkana iku wahyu iblis, ngadat tan kestari, geng bencana nipun.
26. Kadya duren kanga nom winuni, padhaning lalakon, seje lawan kang wantah
wekase, panedhane saking jro samadi, kalanireng wengi, ing lair sinamun.
27. Kang minangka isarat sa-ari, tan meneng sapakon, mring kang wajib
marentah awake, masruti ra temen lan taberi, sasamben norragi, nyangking
tembung arum.
28. Adhadhasar rahayuning budi, tan meling kang asor, tansah asih marang
sesame, luwangira yen bias nglakoni, barang kang kinapti, ing samajatipun.
Ora luput kang sarta basuki, iku wahyu yektos, pirabara tumurun bakale,
ra-orane awake pribadi, lakone lestari, tan sangsareng kalbu.
29. Lir angganing durian kang mateng wit, jumbuhing lalakon, barang seja ana
jalarane, ora teka yen mung den-esiri, wit kang Maha Suci, tan adarbe suku
.
30. Ora luput kang sarta basuki, iku wakyu yektos, pirabara tumurun bakale,
ra-orane awake pribadi, lakonne lestari, tan sangsareng kalbu.
31. Itih panawunging ruwiyadi, ri Soma katongton, kaping sapta Sapar
wimbaning lek, tabuh astha Dal sangkaleng warsi, “Dwara Trusing Ardi, risang
Mahaprabu”.[4]
Terjemahan:
1. Yang ingin dimunculkan pencipta berawal, pada pandangan
yang salah, yang selalu menyiksa raganya, malu karena perbuatnnya sendiri, berbuat
tidak terkendali dan akhirnya mendapatkan nistha.
2. Orang muda suka menonjolkan dirinya untuuk membantu orang
lain, namun kemaunnya itu hanya basa-basi dan tergesa-gesa ingin mendapat
pujian.
3. Tidak tahu bahwa perbuatannya banyak yang menertawakan,
kemurahan hati yang sudah berkurang, bahkan yang belum tau sudah dengar
kabarnya, yang sudah benci semakin benci, dan membuat sakit hati orang.
4. Tampak perilaku yang dibuat-buat, tidak ada yang baik
satupun , bahkan kelihatan seperti orang yang usil dan sadis.
5. Walaupun mereka sudah berhenti atau sembuh, namun tidak
ada yang percaya, seperti itulah kebiasaannya manusia, yang mungkin mengulangi
lagi.
6. Jika terjadi hidup dua kali, banyak orang yang kecewa
dengan perbutannya, dan tidak ada yang takut mati, mereka jadi mudah bertingkah
laku, tidak ada hentinya.
7. Tetapi hidup hanya sekali, banyak yang merasa kecewa yang
mendalam, sehingga menimbulkan rasa ingin bunuh diri, menambah dosa besar.
8. Orang yang bunuh diri , makamnya tidak boleh dikumpulkan
dengan makamnya keluarga, dan makam manusia pada umunya.
9. Orang yang membunuh manusia, dosanya sangat besar, namun
lebih besar dosanya orang yang bunuh diri, melebihi matinya lutung dan kera.
10. Untuk menghilangkan dosa sementara waktu, walaupun sudah
dilakukan, tidak lain hanya meminta maaf, kepada orang yang disakiti hatinya, datang
secara pribadi, kerumahnya.
11. Jika lebih tua dan lebih tinggi, berbaktilah, sampaikan
kesalahannya, walaupun lebih muda tapi pangkatnya tinggi, kalau bertemu beri
salam dan merendah diri dengan bahasa yang halus.
12. Walaupun muda posisi lebih tinggi, diharapkan bisa
merendah diri, semua itu usaha untuk mengilangkan kemarahan, jika malu mengakui
dengan langsung, maka tulislah dengan baik dan halus.
13. Kemudian minta maaflah kepada Tuhan, bertaubat di hati, merasa
dirinya bersalah, menghormati sesame keluarga, agar tidak mendapat dosa.
14. Memang awalnya berat memaksa berbuat baik, untuk menuju
keselamatan, sudah sewajarnya wibawa, berbeda dengan tingkah laku yang
sebenarnya, itu pertimbangannya.
15. Sudah sewajarnya manusia di dunia, siapa yang lengah dia
yang kalah, meskipun sebenarnya tidak kalah, walaupun jabatan yang tinggi dan
rendah, miskin dan kaya, harusnya merendahkan diri.
16. Meskipun yang lebih rendah pangkatnya, yang muda yang
baik, kaya miskin semuanya sama, yang dipuji serta dikagumi, jauh dari sakit
hati, dan dekat dengan kesenangan.
17. Disitulah orang yang tidak tahu akan budi baik, ada yang
baik ada yang buruk, kebaikkan yang diucapkan, kejelekkannya juga sering
diucapkan, tidak lain penyebabnya, pendeknya keinginan.
18. Pada kenyataannya semuanya menuju ketahap yang mulia, tetapi
tidak terlaksana, berawal dari tujuan yang tidak diharapkan, tanpa ada usaha,
kemauaannya tidak dituruti
19. Jika suatu ketika tujuan/cita-cita yang kita inginkan, tidak
terlaksana, maka jangan terkejut dan menyalahkan dirinya sendiri.
20. Mintalah petunjuk kepada Tuhan, rasakan apa kekurangan
kita, semua manusia adalah kekasih Tuhan, jika menginginkan sesuatu mohonlah
pada Tuhan, semuanya sama tidak dibeda-bedakan.
21. Seandainya apa yang kamu harapkan/cita-citakan, tidak
terkabulkan, maka itu belum waktunya,
22. Diibaratkan seperti buah durian yang di pohon, yang masih
muda, jika dipanjat sulit memetiknya, dan sudah dipetik namun tidak enak
rasanya, padahal usahanya mati-matian.
23. Lain halnya jika meletakkan pikirannya yang kecewa,
menunggu dibawah pohon, mudah untuknya mengambilnya, kemudian rasanya enak dan
kenyang.
24. Tidak beda dengan orang yang mencari
kesaktian, kalau kejujuran di batin, dipaksakan melebihi tingkah laku,
marah-marah yang tidak jelas, sesunggunhnya dia tidak memikirkan dirinya.
25. Membangkitkan kegelisahan batin, segala jalan
ditempuh, sesungguhnnya boleh dilakukan, namun yang seperti itu adalah wahyu
setan/ilmu hitam, yang seperti itu tidak akan abadi, begitulah musibahnya.
26. Seperti durian yang muda sudah dipetik, seperti tingkah laku baik, yang akhirnya
berhasil, yang selalu memohon di waktu malam, di waktu munculnya cahaya.
27. Yang seperti itu pertanda, tidak melarang
saling menyapa, kepada yang wajib memerintah dirinya, rajin menjalankan tugas
dan member maaf, merendahkan diri, sopan santun dalam tutur kata.
28. Yang menjadi dasar selamatnya budi, tidak lepasa dari
kebaikkan, harus mengasihi sesama, yang menjadi harapan adalah jika bisa
menjalankan itu semua.
29. Kelihatan seperti buah durian yang masak di pohon, pada
kehidupan, sesuatu terjadi bila ada sebabnya, tidak akan datang cuma hanya
dilihat saja, sebab yang Maha Kuasa tidak
menurunkan begitu saja.
30. Tidak lepas dari orang yang selamat, yang akhirnya turunlah
wahyunya, setidaknya untuk dirinya sendiri, dan bersifat abadi tidak
menyengsarakan hati.
31. Demikian piwulang/nasehat, dengan kata-kata lembut,
selasai tujuh Sapar tahun dal 1799, yang disertai kronogram “Dwara
Trusing Ardi, rising Mahaprabu”.
B. Biografi KGPAA
Mangkunegara IV
KGPAA Mangkunegara IV atau
lengkapnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV adalah putra ke-7
Gusti Raden Ayu Pangeran Aria Hadiwijaya 1 di Surakarta. Sudiro (KGPAA Mangkunegara
IV) lahir di dalam Hadiwijayan pada hari akad legi jam 23.00 tanggal 1 Sapar
Jimakir Windu Sancoyo 1736 atau 3 Maret 1811, di Surakarta. Eyang Sudiro dari
pihak ayah gugur dalam pertempuran melawan Kompeni Belanda di Kaliabu. Maka
terkenal dengan sebutan Hadiwijaya Seda KaliabuI. Eyangnya dari ibu
adalah Mangkunegara II, anak kandung Mangkunegara I, yang terkenal dengan
sebutan Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyowo.[5]
Mulai saat itulah R.M Sudiro (KGPAA
Mangkunegara IV) diambil oleh Mangkunegara II dan dirawat oleh ampil (selir)
bernama Mbok Ajeng Dayaningsih,R.M Sudiro tidak pernah mendapatkan pendidikan
formal, karena pada saat itu belum ada maka, ia dididik sendiri oleh eyangnya
yaitu Mangkunegara II . Setelah berusia 10 tahun diberikan kepada kakak sepupunya
yang bernama K.P Riya (yang kemudian menjadi Mangkunegara III) dan diakui
sebagai anaknya.Di bawah asuhan Mangkunegara III, R.M Sudiro diberi pelajaran
tentang membaca, menulis, berbagai cabang kesenian dan kebudayaanserta
pengetahuan lainnya.[6]Sudah menjadi tradisi para putra bangsawan
tinggi Mangkunegara, apabila sudah cukup umur harus mengikuti pendidikan
militer.Pada usianya yang ke-15 tahun RM Sudiro pun menjadi kadet di
Legiun Mangkunegaran. Begitu lulus pendidikan militer yang ditempuhnya selama
satu tahun, RM Sudiro ditempatkan sebagai perwira baru di kompi lima.[7]
Pada usia 22 tahun R.M Sudiro
dinikahkan dengan putri kedua dari KP.Ar Suryomataram putri dari padmi putri
Suryodipuran, dengan demikian masih saudara sepupu sendiri. Dan acara
pernikahan tersebut dilaksanakan pada sabtu pahing tanggal 20 Rejeb,
tahun 1759. Setelah menikah Sudiro diberi sebutan atau nama R.M.Ar.
Gondokusumo.[8]
Pada masa mudanya KGPAA Mangkunegara IV sangat tertarik pada pelajaran agama,
lalu ia berguru pada para ulama sampai mengenai aturan ibadah haji. Dalam hal
ini KGPAA Mangkunegara IV didorong oleh perasaan cemas mengenai kehidupan pada
hari akhir kelak.Namun belum cukup sempurna dalam menuntut pelajaran agama,
KGPAA Mangkunegara IV telah dipanggil untuk menerima tugas mengabdi pada
pemerintah.[9]
Sudah menjadi tradisi bahwasannya
yang menjadi trah Mangkunegara selain menjadi pemegang kekuasaan yang tertinggi
di praja Mangkunegara mereka juga menjadi Komandan Legiun.Selama satu tahun
Managkunegara IV menempuh pendidikan militer dan masuk sebagai prajurit Legiun
Mangkunegara, yang kemudian naik pangkat menjadi Kaptin Ajudan juga merangkap menjadi patih, kemudian
diangkat menjadi ajudan dalem. Dan Pada akhirnya diwisuda menjadi Mayor Infranti yang
bertugas memegang administrasi Legiun. Dengan semua jabatan yang KGPAA Mangkunegara
IV dapat membuatnya dengan mudah dan dapat dipercaya untuk memegang jabatan
tertinggi yaitu sebagai Kolonel Komandan Legiun Mangkunegara ke IV.[10]
Pada tanggal 6 Januari 1853, KGPAA
Mangkunegara III mangkat (meninggal) dan pada tanggal 24 Maret 1853 K.P.Ar
Gondokusuma menerima gelar dan nama baru yaitu KGPAA Prabu Prangwedono Letnal
Kolonel Legiun Mangkunegara. [11]Ketetapan
memangku gelar KGPAA Mangkunegara IV di saat beliau berusia 47 tahun, pada hari
Rabu kliwon tanggal 27 Sura Jimakir 1786 atau 16 Agustus 1857.[12]
KGPAA Mangkunegara IV hidup sezaman dengan pujangga Ronggowarsito dan sunan
Pakubuwana IX. Dalam hal memperdalam
ilmu agama dan khususnya ilmu batin, KGPAA Mangkunegara IV tidak selalu sejalan
atau sealiran dengan Ronggowarsito, meski demikian hubungan keduanya tetap
akrab. KGPAA Mangkunegara IV telah mencapai kematangan dalam berbagai bidang
sejak sebelum menjadi raja Mangkunegara.oleh karena itu, setelah menduduki jabatan raja Mangkunegara
segera mengambil inisiatif dalam bidang politik politik, pemerintahan, ekonomi,
sosial dan seni budaya.[13]
KGPAA Mangkunegara IV memerintah
selama 28 tahun mulai 1853 sampai dengan 1881.Selama bertahta KGPAA
Mangkunegara IV banyak mendapatkan pujian dan anugrah berupa bintang jasa dari
kerajaan Austria, Jerman, Belanda, atas karya-karya dan jasanya dalam
memgembangkan, serta mengemudikan pemerintahan Mangkunegara.[14]Pada
masa itu Mangkunegara mengalami zaman keemasan, sehingga dikenal kala
sumbang‘masa kemashuran atau kejayaan’.Di samping perbaikan dalam bidang
pemerintahan, Mangkunegara juga meningkatkan dan menggalakan pengembangan
berbagai tanaman export terutama perkebunan kopi dan tebu.Kemudian dibidang
ekonomi KGPAA Mangkunegara IV membangun pabrik gula di Colomadu dan
Tasikmadu.Kemajuan dibidang ekonomi itu diimbangi dengan usahanya memajukan
pikiran dan seni budaya.[15]Pemikiran-pemikiran
KGPAA Mangkunegara IV banyak diungkapkan dalam karya-karya sastranya yang semuanya
mengambil bentuk tembang berbahasa Jawa.
KGPAA Mangkunegara IV wafat diusia
72 pada tanggal 2 September 1881, wafat di Surakarta dan dimakamkan di Astana
Girilayu.Dengan meninggalnya KGPAA Mangkunegara IV, pemerintah Belanda merasa
kehilangan seorang tokoh terkemuka pribumi, seorang yang pantas disebut manusia
besar, seorang yang setia dan menepati janji, seorang kepala pemerintahan yang
cakap, berkemauan keras dan giat bekerja.[16]
C. Pemikiran KGPAA Mangkunegara IV
1. Ilmu dan laku
Ngelmu iku kalakone kanthi laku
Lekase lawan kas
Tegese kas nyantosani
Setyo budya pangekese dur angkara[17]
Artinya: ilmu itu akan bermanfaat bila disertai dengan
penghayatan. Pengetrapannya pun dengan bersungguh-sungguh. Artinya kesungguhan
akan memberi kesentosaan, dan kesadaran sebagai sarana memusnahkan angkara murka.[18]
Ilmu itu dapat terwujud apabila
dijalankan.Dimulai dengan kemauan-kemauan inilah yang membuat sentosa.Budi yang
setia itu penghancur angkaradan nafsu angkara yang besar di dalam diri selalu
berkumpul dengan kelompok nafsu.Bila dibiarkan berkembang menjadi bahaya. Maka
ilmu pengetahuan itu hanya dapat dicapai
dan dikuasai dengan laku sesuai dengan apa yang diajarkan (ajaran teori harus
dipraktekkan). Dan laku itu harus disertai dengan kemauan yang tulus dan
bersungguh hati, disamping itu yang paling penting adalah keteguhan iman/budi
untuk menghadapi segala godaan dan menjauhkan sikap laku yang serba negatif.
Seseorang bila telah mampu
menguasai nafsunya, dengan sendirinya akan berbudiluhur dan menjauhi budijahat.
Orang yang berbudiluhur ditandai dengan sifat-sifat utama pada dirinya, yaitu
mudah memaafkan, sabar, murah hati, tidak mudah tergoda amarah dan bujukan
kesenangan jasmaniah dan yang terakhir bersyukur atas melimpahnya anugrah dan
rahmatNya.[19]
2. Catur sembah
Wejangan yang senantiasa diingat
oleh masyarakat Jawa, termasuk yang bukan Kejawen sekalipun adalah ilmu laku
yang telah dijelas di depan. Adapun wejangan yang mendalam ditunagkannya
kedalam karya saatra Serat Wedhatama yang menjelaskan tentang catur
sembah yaitu: sembah raga, sembah cipta, sembah jiwa,dan sembah rasa.
Empat sembah tersebut, apabila
diperbandingkan dengan konsep syariat, tarikat, hakikat dan makrifat, tidaklah
jauh beda pada catur sembah hanya menjangkau sebagaian perintah Tuhan sedangkan
syariat, tarikat, hakikat dan makrifat jangkau seluruh perintah dan larangan
Tuhan. Namun, kedua-duanya merupakan perjalanan hidup yang utuh.Catur sembah
merupakan mata rantai yang sambung, menyambung, yang satu berkait dan
bersambung dengan yang lainnya.
a. Sembah raga
Sembah raga
punika
Pakrtine
amangang laku
Susucine
asarana saking warih
Kang wes
lumrah limang wektu
Wantu
wataking weweton[20]
Artinya: sembah raga adalah tingkatan orang yang baru
menempuh laku, bebersihnya masih menggunakan air , menjalankan shalat lima
waktu pada umumnya, sudah semestinyalah seperti itu.
Sembah ini didahului dengan bersuci yang menggunakan air,
yang berlaku umum. Sembah raga ditunaikan sehari semalam lima kali dan untuk
menunaikan sembah ini telah ditetapkan waktunya. Sembah lima waktu ini
merupakan shalat fardhu yang wajib ditunaikan terus menerus tiada henti seumur
hidup, dengan keharusan memenuhi segala ketentuan syarat dan rukun yang menjadi
pedoman.[21]
Namun, sesungguhnya baru permulaan, ada yang lebih mendalam disebaliknya, sesuatu
yang khas dan menuntut konsentrasi , memfokuskan pemahaman agar syariat itu
terasa indah. Berbeda dengan zaman dahulu, semuanya berjalan bagaimana mestinya
segala jenis syariat selaras dengan laku batin sehingga tidak rancu dan
membingungkan bagi mereka yang beribadah kepada Tuhan.
b. Sembah cipta
Samengko
sembah kalbu
Yen lumintu
uga dadi laku
Laku agung
kang kagungan narpati
Patitis
tetesing kawruh
Meruhi marang
Kang Momong[22]
Artinya: selanjutnya
adalah sembah kalbu (sembah cipta) jika konstan terjaga, juga menjadi laku,
menjadi tindakan bak seorang raja tepat di dalam mempraktikkan pengetahuan
hingga mengetahui kepada sang Pemelihara.
Dalam bersuci tidak lagi memerlukan air hanya
mengendalikan gerak-gerik hati, diawali keteraturan, kritis, serta hati-hati
konsisten dan setia pada proses, begitulah contoh kewaspadaan. Tatkala sudah
benar dalam menemukan jalan yang semestinya berlaku secara apa adanya tanpa
belak-belok, lamat-lamatakan mendapatkan kebahagiaan. Ketika sudah mengalami
hal yang seperti itu, harus semakin tabah dalam melanjutkan langkah berjalan
tenang, bening, tetap menjaga kesadaran setelah lenyapnya kebahagian.Di situlah
letak keadilan Tuhan.[23]
c. Sembah Jiwa
Samengko kang
tinutur
Sembah katri
kang sayekti katur
Mring Hyang
Suksma sukmanen saari ari
Araben dipun
kacukup
Sembahing
jiwa suntengong
Sayekti luwih
perlu
Ingaranan
pepuntoning laku
Kalakuwan
kang tumprap bangsaning batin
Sucine lan
awas emut
Mring alaming
lama maot[24]
Artinya:
sekarang masuk dalam pembahasan sembah ketiga yang hendak saya uraikan Kepada
Yang Maha hidup serta menghidupi, jagalah sepenuh kemampuan sembah jiwa ini,
anakku. Sesungguhnya lebih dibutuhkan apa yang disebut sebagai puncak
perjalanan, yaitu sesuatu yang berhubungan dengan gerak batin yang penyuciannya
dengan waspada dan selalu sadar di sepanjang dunia hingga liang hayat.
d. Sembah rasa
Samengko
ingsun tutur
Gantya
sembahingkang kaping catur
Sembah rasa
karasa rosing dumadi
Dadine wis
tanpa tuduh
Mung kalawan
kasing batos[25]
Artinya: Nah,
kini pembicaraan telah mengarah berganti kepada sembah yang keempat , semabh
rasa yang merasakan hakikat dumadi terlaksana sudah tanpa petujuk dari luar dan
hanya dengan kesentausaan batin di dalam.
Sembah rasa ini berlainan dengan sembah-sembah yang
sebelumnya.Sembah ini didasarkan pada rasa cemas, sembah yang keempat ini
sembah yang di hati dengan mmerasakan intisari kehidupan makhluk semesta alam.Puncak
dari laku spiritual dalam serat wedhatama adalah sembah rasa.Jika sembah
cipta/kalbu mengandung arti menyembah Tuhan dengan alat batin kalbu atau
hati.Sembah jiwa menyembah Tuhan dengan alat batin jiwa atau ruh, dan sembah
rasa berarti menyembah Tuhan menggunakan alat yaitu inti ruh. Alat batin yang
ini adalah alat batin yang paling dalam dan yang paling halus yang menurut KGPAA
Mangkunegara IV disebut telenging kalbu (lubuk hati yang paling dalam)
atau wasing jiwangga (inti ruh yang paling halus).[26]
Apabila sembah jiwa dipandang sembah yang pada proses
pencapai tujuan akhir perjalanan suluk (peputoning laku), maka sembah
rasa, bukan lagi sembah proses perjalanan suluk melainkan sudah menjadi sembah
yang dilakukan ditempat tujuan akhir suluk dengan kata lain seorang salik telah
tiba ditempat tujuannya.
3. Etika
Kata budiluhur adalah sinonim dari kata budipekerti yang
merupakan terjemahan dari kata akhlak dalam Islam.Budiluhur ini sering kali
diungkapkan pula dengan pakerti atau budipekerti yang mulia.Budiluhur yang
demikian adalah budipekerti yang terpuji dalam masyarakat sepanjang masa,
sedangkan budijahat adalah budipekerti yang tercela dalam masyarakat.[27]
Budiluhur mempunyai kedudukan yang amat penting di
samping sembah dalam pemikiran KGPAA Mangkunegara IV. Kedua berkaitan sebagai
kesatuan yang utuh.Namun dari keduanya mempunyai essensi yang berbeda dan
berdiri sendiri. Budi luhur lebih menekankan manusia dengan masyarakat dan
lingkungan, lebih bersifat membumi dan mahkluki.Sedangkan sembah lebih
menekankan kontak manusia dengan Tuhan, dan bersifat batini dan khaliki.Sekalipun
keduannya sama-sama memerlukan tata sopan santun, namun penerapannya
berbeda.Sopan satun pada budiluhur tertuju kepada sesame makhluk yang setaraf
dan sejajar (manusia), sedangkan sopan santun pada sembah, dari pihak bawah ke
atas atau dari hamba kepada Tuhan.[28]
Konsep budiluhur menurut pemikiran KGPAA Mangkunegara IV,
dapat dikelompokkan menjadi 4, yaitu:
a. Etika Hidup Duniawi
Etika hidup duniawi dimaksud merupakan perilaku terpuji
yang meliputi: sikap taat kepada agama (agama Islam), sopan satun dalam
pergaulan, giat bekerja mencari nafkah, rajin menuntut ilmu guna mengendalikan
nafsu, dan bercita-cita tinggi. Perilaku hidup duniawi tersebut, meski dalam
ruang lingkup terbatas, menurut KGPAA Mangkunegara IV dipandang cukup memadai
apabila diangkat sebagai tuntunan hidup praktis terutama bagi masyarakat Jawa.[29]
Perilaku yang
terdapat dalam etika duniawi, antara lain:
1) Sikap Kepada Agama
Penerapan budipekerti dalam mengikuti petunjuk agama,
pada dasarnya perlu diajarkan dan perlu dibiasakan pada anak sejak kecil.Materi
pendidikan agama dan budipekerti itu perlu digubah seindah mungkindan diajarkan
secara halus dan lemah lembut, sehingga lebih menarik minat anak-anak untuk
memperlajarinya. Sebaliknya jika agama dan budipekerti, meski beisi ajaran yang
baik, tetapi disampaikan dengan cara yang kasar, tidak membuat orang dekat
dengan agama, tetapi malah semakin jauh dari agama. Oleh karena itu, agama yang
berisi ajaran budiluhur, perlu diajarkan dengan cara yang bijaksana, lamah
lembut dan menarik hati.[30]
Seperti diungkapkan KGPAA Mangkunegara IV dalam serat Wedhatama, sebagi
berikut:
Mingkrang mingkuring angkara
Angkarana
karenaning mardi siwi
Sinawung
resmining kidung
Sinuba
sinukarta
Mrih kretarta
pakartining ngelmu luhung
Kang tumrap
ing tanah Jawa
Agama ageing
aji[31]
Artinya:
Menjauhkan diri dari nafsu angkara , kerena berkenan mendidik putra dalam
bentuk syair dan lagu, dihias penuh fariasi, biar menjiwai ilmu luhur yang
dituju, di tanah Jawa ini yang hakiki itu adalah agama sebagai pegangan yang
baik.[32]
Sikap mematuhi agama , bukan saja mencakup hubungan
manusia dengan Tuhan, tetapi juga mencakup hubungan manusia dengan sesamanya
dalam bentuk pergaulan.
2) Etika Pergaulan
Secara naluri manusia selain sebagai makhluk individual
juga sebagai makhluk sosial. Dengan demikian manusia tidak bisa hidup
sendirian, namun tetap membutuhkan orang lain atau masyarakat untuk dapat
hidup. Untuk hidup tentram, serasi dan selamat dalam bermasyarakat manusia
membutuhkan etika pergaulan yang mengatur hubungan antar manusia.
Keserasian dan keselarasan pergaulan dapat terwujud
apabila seseorang memahami dan menghayati tatakrama.Sebab hanya dengan
budipekerti luhur masyarakat satu dengan yang lainnya dapat hidup rukun dan
saling menghormati, masing-masing tau hak dan kewajibannya, tahu tempat dan
kedudukannya secara pantas dan layak, sehingga mereka tidak berperilaku yang
membuat malu.[33]
Maka ajaran budiluhur ini perlu dipelajari, seperti pesan KGPAA Mangkunegara IV
dalam serat Wedhatama, sebagai berikut:
Jinejer neng
Wedhatama
Mrih tan
kemba kembenganing pambudi
Mangka nadyan
tuwa pikun
Yen tan
mikani rasa
Yekti sepi
asepa lir sepah samun
Samangsane
pakumpulan
Gonyak ganyuk
nglilingsemi[34]
b. Etika Prajurit
Aparatur Negara yang dimaksud di sini adalah orang yang
berfungsi sebagai alat Negara, seperti pegawai, anggota tentara atau prajurit,
dan sebagainya.
1) Disiplin prajurit
Prajurit bagi
KGPAA Mangkunegara IV tidak diperlakukan hanya sebagai alat Negara semata,
melainkan juga sebagai anak buah atau siswa yang begitu akrab dengan
pimpinannya atau pembibingnya.Setelah terjadi kedekatan antara kedua belah
pihak, maka Magkunegara IV langsung menyampaikan nasehat dan petunjuknya
tentang disiplin prajurit yang dijadikanya sebagai kode etik prajurit
Mangkunegara.[35]
Kode etik dalam bentuk disiplin prajurit tertulis dalam serat Wirawiyata,
yang dirangkum sebagai berikut:
a) Hendaklah setiap prajurit melaksanakan tugas kewajibannya
dengan cermat dan hati-hati, bekerja dengan giat dan membuang kemalasan,
menjaga nama baiknya dan orang tuanya dengan tidak berbuat sesuatu yang
mengecewakan dan memalukan mereka.
b) Hendaklah setiap prajurit melaksanakan tugasnya dengan
hati yang mantap dengan rajin dan bersungguh-sungguh, tidak merasa bahwa tugas
prajuritlah yang paling berat. Dan hendaklah ia pahami bahwa segala pekerjaan
di dunia ini tidak berbeda dalam fungsinya sebagai sarana pencapaiaan
cita-cita.
c) Hendaklah setiap prajurit memperbanyak amal bakti. Dan
perlu diketahui bahwa yang termasuk amal bakti itu bukan hanya sembahyang
tetapi juga seganap perbuatan baik yang diridhai Tuhan.
d) Hendaklah setiap prajurit berbuat amal bakti
sebanyak-banyaknya dengan tidak tergesa-gesa meraih pangkat.
e) Hendaklah setiap prajurit bersyukur kepada Tuhan dan
berterimakasih kepada orang tua. Lantaran jasa-jasa merekalah ia sekarang
memperoleh kejayaan dan kekuasaan dalam pemerintahan.
f) Sebagai prajurit yang profesional, hendaklah setiap
prajurit menguasai tata atau aturan kemiliteran dan ketrampilan keprajuritan.
Untuk itu ia harus belajar teori dan praktek, tata tertib dan etiket militer.
g) Bertempur adalah tugas prajurit yang sebenarnya. Pada
saat yang getting itu seorang prajurit harus mempertebal keteguhan hati dan
mematuhi sepenuhnya perintah panglima. Untuk itu ia tidak diperkenankan
bertindak sendiri yang hanya mengandalkan keberanian semata, yang menyebabkan
kekacauan barisan dan merusak strategi
pimpinan.
h) Dalam bertempur di medan perang, hendaklah setiap
prajurit bertekad bulat, mantap hati, tanpa bimbang dan ragu. Ia tidak perlu
khawatir dan berkata soal kematian, karena soal mati bukanlah wewenangnya
tetapi wewenang Tuhan.
i)
Jika ada
musuh yang menyerah hendaklah ditawan dan diperlakukan dengan baik. Ia tidak
boleh dianiaya atau dibunuh dengan semena-mena, karena hal itu dipandang
sebagai laku tercela dan menjatuhkan martabat prajurit.[36]
c. Etika khusus keturunan Mangkunegara dan Mataram.
Etika tidak hanya diajarkan untuk masyarakat secara umum,
namun juga untuk keturunan Mangkunegara dan Mataram. KGPAA Mangkunegara IV mengajarkan
etika yang secara khusus diperuntukkan bagi kalangan keluarga maupun keturunan
Mangkunegara dan Mataram. Hal ini bertujuan supaya keturunan Mangkunegara dan
Mataram mempunyai perilaku mulia yang dapat membedakan antara keturunan
Mangkunegara maupun Mataram dengan masyarakat umum. Etika yang dinasehatkan untuk
para trah Mangkunegara dan Mataram dalam bentuk perintah, anjuran, larangan dan
harapan yang mencangkup perintah melestarikan wasiat, dorongan mencintai tanah
air dan harapan memperoleh anugrah Tuhan dengan memajatkan do’a.
d. Etika Rumah Tangga
Pembinaan rumah tangga bertujuan kepada pencapaian
kesejahteraan keluarga. Untuk mencapai tujuan itu perlu dilakukan berbagai langkah
baik sebelum menikah maupun sesudah menikah. Dan untuk menbina rumah tangga
yang sejagtera tersebut KGPAA Mangkunegara IV memberi petunjuk dalam serat Warayangya
dan darmawasita.
Sebelum menikah, seseorang perlu mengerti apa yang
menjadi hak dan tanggung jawab suami istri. Karena pada hakikatnya hak suami
berarti tanggung jawabnya istri dan tanggung jawabnya suami adalah haknya
istri. Maka dalam bersuami istri penting adanya kedewasaan dalam mengambil hak
dan kewajiban masing-masing, supaya terlaksana secara seimbang dan selarasi. Seperti
halnya nasehat KGPAA Mangkunegara IV dalam serat warayangya, sebagai
berikut:
Kakung putri ing reh pala krami
Sumawana kang samya jajaka
Lamun tembe pikramane
Away tinalyang wuwus
Wasitane mengku pawestri
Ywa dumeh yen wong priya
Misesa andaku
Mring darbeking wanadyo
Palakrama nalar lan kakum kang dadi
Yen tiniggal temah nista
Artinya: Bagi
putera dan puteri yang telah dewasa yang menginginkan berumah tangga, khususnya
bagi yang masih bujangan, apabila nanti tiba saat perkawinan, janganlah asal
bicara saja, tetapi perhatikan petunjuk bagaimanamemperlakukan istri, jangan
hanya kamu laki-laki, lalu merasa berkuasa, terhadap benda milik perempuan, berumah
tangga berpedoman pada nalar dan hokum yang berlaku, jika ditinggalkan keduanya
akan menimbulkan kenistaan.
Untuk menlaksanakan pernikahan perlu diketahui pula bahwa
dalam berurmah tangga harus ada keserasian dan saling pengertian antara suami
istri. Seorang istri apabila ingin mendapat kepercayaan suami, maka ia harus
dengan tulus hati menunjukkan sukap patuh, setia dan jujur lahir batin. Karena
kepercayaan seorang suami kepada istrinya bukan karena istri yang memakai
sihir, dan guna-guna, melainkan seorang istri yang berperilaku terpuji dan
menyenagkan hatinya. Seperti halnya nasehat Mnagkunegara IV dalam serat Darmawasita,
sebagai berikut:
Lawan malih wulangingsun
Margane wong kanggep nglaki
Dudu guna japa matra
Pelet duyung sarat desti
Dumunung neng patrapira
Kadi kawinahnya iki
Wong wadon kalamun manut
Yekti rinemenan nglaki
Pitutur margining welas
Mitutuh margining asih
Mantep manrganireng tresna
Yen temen den andel nglaki
Artinya: Dan
lagi nasihatku, kenapa istri percaya suami, bukan karna guna-guna, mantra, pellet duyung, guna-guna jahat,
tetapi terletak pada perilakumu, seperti dinyatakan berikut ini, orang
perempuan apabila menurut, niscaya dia disukai suami, berkata yang baik
menyebabkan dia disayang, ketaatannya menyebabkan dia dikasihi, kemantapnya
menyebabkan dia dicintai, jika jujur bakal dipercayai oleh suami.
Jika seorang suami yang dipandang baik adalah yang mampu
menikul tanggung jawab rumah tangganya, maka seorang istri yang baik adalah istri
yang taat dan setia pada suaminya, menjaga diri dan rumah tangganya, dihadapan
maupun dibelakang suaminya.
D. Karya-karya dan Jasa-Jasa KGPAA Mangkunegara IV
1. Karya-karya KGPAA Mangkunegar IV
KGPAA Mangkunegara IV memerintah
kerajaan dari tahun 1864-1881.Dia dikenal sebagai pujangga besar yang sejajar
dengan Ronggowarsito. KGPAA Mangkunegara IV merupakan penyair yang aktif,
karya-karya yang keluar dari tangannya sebagian besar berbentuk syair dan
meliputi beberapa bidang.Seperti halnya yang menyangkut tentang hal-hal yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, menguraikan piwulang untuk beberapa
jenis golongan serta pelajaran mengenai kejiwaan dan kerokhanian.Semua
pemikirannya itu termuat dalam serat piwulang. Dalam khasanah Jawa ada tiga
macan bentuk syair tembang, yaitu: tembang mocopat, tembang tengahan, dan tembang
gedhe.
Berikut ini merupakan karya-karya
dari KGPAA Mangkunegara IV yang termuat dalam serat piwulang:
a. Serat Tripama
Serat
Tripama ini berisi tentang keteladanan prajurit dengan menampilkan tiga tokoh
pemimpin dalam pewayangan.Pertama, patihSuwanda pada raja Arjuna Sasrabau dalam
kisah pra Ramayana.Kedua,Kumbakarna dalam kisah Ramayana menjelang kehancuran
Rahwana.Ketiga, kisah Adipati Karna yang menjadi senopati Kurawa denganArjuna
dari Pandawa dalam kisah perang Baratayuda Mahabarata. Serat ini terdiri atas 7
bait yang berbentuk pupuh dhandanggula.
b. Serat Salokantara
Isi
dari serat ini adalah suatu wawasan yang disajikan secara tersirat tentang
bagaimana mengembangkan keluarga dan melestarikan praja dengan sikap raja
pinandhita. Sebenarnya serat ini merupakan cerita sampiran, maksudnya
salokantara menjadi tempat KGPAA Mangkunegara IV menuangkan pikiran berupa
wawasan , tentang masalah-masalah yang dihadapi seorang raja yang semakin senja
usiannya.
Sebagai
seorang sastrawan dan budayawan KGPAA Mangkunegara IV dapat memilih cara
tersendiri yang dipandang tepat untuk mengungkapkan buah pikiran atau wawasan
tertentu kepada keluarga atau khalayak.Namun, pilihan tidak jatuh pada keduanya
melainkan, pada karya satra sebagai medianya. Jadi, Serat Salokantara yang
berbentuk dongeng merupakan media penyampaian tentang wawasan dan
masalah-masalah yang orang tua sekaligus raja yang sudah menyadari akan usianya
yang senja. Sehingga penyampaiannya pun dengan cara orang tua.
c. Serat Yogatama
Serat ini
berisi himpunan pada semua trah Mataram Surakarta untuk senantiasa sejiwa,
secipta untuk mengagungkan asma Tuhan demi kelestarian praja Mataram. Serat ini
ditulis dengan tujuan supaya semua orang yang merasa trah Mataram sadar akan
keberadaannya dan mempunyai tanggung jawab moral atas kelestarian Negara.
d. Serat Pariaminta
Serat
Pariaminta yang berbentuk sekar mocopat ini merupakan langkah penilaian KGPAA Mangkunegara
IV terhadap penerapan dan penghayatan darma orang tua dalam
kehidupan.Maksudnya, sejauh mana darma orang tua diterapkan dan dihayati oleh
putranya.
e. Serat Paliwara
Serat
ini berisi tentang penuntasan tugas dan fatwa dari orang tua (sebagai pimpinan
praja) kepada putranya (calon pengganti).Tujuan dari serat ini adalah supaya
calon penggantinya tidak terlambat menghadapi tugas pokok mengatur praja dan
melindungi kawulo yang dipercayakan kepadanya.
Dibandingkan
dengan karya saatra Mnagkunegara lainnya, agaknya karya yang inilah yang
khusus, dikarenakan serat ini ditulis dalam usia senja yakni pada penghujung
masa kepimpinannya.
f. Serat Darmawasita
Serat
ini berupa piwulang atau nasehat tentang sopan santun (etika) berumag tangga.Tujuan
dari serait ini agar para putra yang sudah bersuami istri dapat menjalankan
tugasnya masing-masing dengan baik dalam kehidupan selaras dan utami
(terhormat). Namun serat ini juga sering disebut dengan serat astagina,(delapan
faedah).
g. Serat Salokatama
Serat
salokatama termuat dalam kumpulan budi luhur, berupa piwulang atau nasehat yang
disajikan dalam bentuk seloka (perumpamaan).Serat ini ditujukan kepada semua
orang yang mengalami kelainan tingkah laku dan diarahkan agar menjadi orang
berbudi rahayu.
h. Serat Wirawiyata
Serat Wirawiyata ini berisi nasehat dan pelajaran
yang ditujukanpada keluarganya dan rakyat Mangkunegaran pada umumnya
terutamapara prajurit untuk bersikap memiliki tekat yang bulat jangan ragu
ataubimbang, serta setia patuh menjaga kehormatan. Kedudukan yangberaneka ragam
pada hakekatnya sama dalam meraih keberhasilan cita-cita.
i.
Serat
Warayangnya
Serat
Warayangnya ini berisi tentang etika rumah tangga atau perkawinan.Perkawinan
terbentuk bukan hanya untuk menuruti dorongan biologis, melainkan untuk
menunjukkan tingkat martabat manusia yang berbudaya dan berperadaban yang
ditandai dengan timbangan akal pikiran yang sehat dan kesetiaan kepada hukum
dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu perkawinan harus berdasarkan suka
sama suka antara kedua colon mempelai dan tidak atas paksaan orang lain maupun
orang tua.
j.
Serat
Sriyatna
Serat ini berupa harapan keselamatan Negara dan nasehat untuk
keluarga dan rakyatnya, hendaknya memandang suatu jabatan sebagai amanat yang
harus dipertanggungjawabkan sesuai denga keahliannya. Maka bagi para pejabat
perlu mempunyai sifat seperti berikut:tidak mengganggu dan menyakiti orang tua dan sesama manusia, tidak
sombong, mempertebal iman, menerima nasib serta tidak menuruti hawa nafsu
sendiri dan gemar mendekatkan diri dan berdo’akepada Tuhan.
k. Serat Nayakawara
Serat
Nayakawara berisi petunjuk kepada Punggawa Mentri(pimpinan pegawai
pemerintah Mangkunagara).Dalam serat inipunggawa mempunyai pengertian khusus
yakni seorang pejabatsemacam kepala daerah yang berasal dari manggala pendukung
utamaperjuangan Mas Said melawan Belanda. Setelah Mas Said meraih kemenangan
dan diangkat menjadi Mangkunegara I, mereka diangkat menjadi kepala daerah tertentu. Kedudukan ini dapat
diwariskan kepada keturunan masing-masing.Setelah berjalan lebih dari satu
abad, sikapdan perilaku mereka mengalami pergeseran ke arah negatif. Untuk itu
KGPAA Mangkunegara IV bermaskud memperbaiki kekeliruan merekakhususnya dan
perbuatan pejabat yang lain umumnya.
l.
Serat
Paliatama
Serat
Paliatama berisi petunjuk untuk putera-puteri KGPAA Mangkunegara IV dari istri
tua R.M.H. Gandakusuma yang wafat, agarmereka memelihara kerukunan dan menjaga
keselamatan calon putera mahkota Suyitna satu saudara yang berasal dari ibu
lain. Serat inibernada penyampaian wasiat yang disertai sumpah terhadap siapa
yang melanggar aturan.Serat ini
bertujuan agar sepeninggalan Ramannda semua putra dapat menpatkan diri dan
menyesuaikan diri sebaik-baiknya, sebagai putra bangsawan terhormat dan sebagai
warga praja yang tetap setia menjaga nama baik.[37]
m. Serat Wedhatama
Serat
Wedhatama ini berisi tentang pelajaran dan petunjuk (nasehat) bagi golongan tua
dan generasi muda mengenai menuntut ilmu lahir dan batin, orang yang ingin
menyembah Tuhan dengan segenap daya dan rohaninya (ibadah pada Tuhan), orang
yang ingin mendapat limpahan Anugerah Tuhan (mencapai Rahmat dari Tuhan).
2.
Jasa-Jasa
KGPAA Mangkunegara IV
Dalam mejalankan pemerintahan Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara
IV adalah seorang yang mandiri, penuh dengan inisiatif dan daya cipta antara
lain:
a. Di bidang pemerintahan: KGPAA Mangkunegara IV meneliti
dan mempertegas kembali batas-batas wilayah antara Kadipaten Mangkunegara
dengan milik Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta (desa-desa ngawen di
dalam wilayah Kasultanan Yogyakarta, adalah milik Kadipaten Mangkunegara waktu
itu).
b. Di bidang kemiliteran: KGPAA Mangkunegara IV mewajibkan
seriap kerabat Mangkunegaran yang telah dewasa, dan mereka hendak menjadi
pamong praja, terlebih dahulu harus menjalani pendidikan militer selama 6-9
bulan lamanya.
c. Di bidang sosial ekonomi: diciptakanlah berbagai usaha
komersil yang menjadi sumber pendapatan Kadipaten seisinya, di samping
memberikan lapangan kerja sebanyak mungkin dan seluas-luasnya bagi rakyat
daerah Mangkunegaran.
d. Di bidang sosial budaya: selayaknya kerajaan-kerajaan
pada umumnya, KGPAA Mangkunegara IV ingin membuat istananya terlihat megah,
mewah dan indah. Hal ini terlihat dari pengadaan peralataan kerajaan mulai dari
perhiasan-perhiasan, meja kursi berukir, berbagai jenis lampu gantung dan
duduk, arca-arca, permadani-permadani sampai pada peralatan kebutuhan rumah
tangga (sendok, gelas, piring,), semuanya di impor langsung dari luar negeri,
seperti Italia, Jerman, Persia, dan lain sebagainya.
e. Di bidang kesenian Mangkunegara juga menunjukkan bakat
yang luar biasa, yaitu berbagi macam tarian diciptakan, membuat gamelang yang
begitu besar, mengubah jenis-jenis wayang, mengolrktir berbagai macam topeng
pahatan-pahatan dan lukisan-lukisan. [38]
[1]KGPAA
Mangkunegara IV, Serat Salokatama, dalam Piwulang Budi Luhur,
penerjemah Harmanto Bratasiswara, (Surakarta: Reksa Pustaka Kabupaten Reksa
Budaya Pura Mangkunegara), h, 151
[5]Adityo
Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama, (Yogyakarta: Pura Pustaka, 2005),
h. 6
[6]Sarwanta
wiriasuputra, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV, (Surakarta:
Rekso Pustaka Istana Mangkunegara, 1978), h. 6
[7]Muhaji
Fikriono, Puncak Makrifat Jawa (Jakarta: Noura Books, 2012), h. 93
[8]Sarwanta
wiriasuputra, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV,h. 11
[9]Adityo
Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 7
[10]Sarwanta
wiriasuputra, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegara IV,h.6
[12]Ki
Sabdacarakatama, Serat Wedhatama, h. 10
[13]M.
Hariwujaya, Islam Kejawen, (Yogyakarta: Gelombang Pasang, 2006), h. 304
[14]Ki
Sabdacarakatama, Serat Wedhatama, h.10
[16]Adityo
Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 11
[17]KGPAA
Mangkunegara IV, Wedhatama, (Surakarta: Yayasan Mangadeg, 1979),h. 16
[20]KGPAA
Mangkunegara IV, Wedhatama,h. 19.
[21]Muhaji
Fikriono, Puncak Makrifat Jawa, h. 95.
[22]KGPAA
Mangkunegara IV, Wedhatama, h. 20
[23]Muhaji
Fikriono, Puncak Makrifat Jawa, h. 96
[24]KGPAA
Mangkunegara IV, Wedhatama, h. 21
[26]Adityo
Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 68
[37]KGPAA
Mangkunegara IV, Piwulang Budi Luhur, penerjemah Harmanto Bratasiswara
(Surakarta: Reksa Pustaka Kabupaten Reaksa Budaya Pura Mangkunegar)
[38]Adityo
Jatmiko, Tafsir Ajaran Serat Wedhatama,h. 15
Matur Nuwun sanget
BalasHapus